by

PPKM Level III Masih Berlanjut

AMBON-BKA, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon masih melanjutkan PPKM level III hingga 23 Agustus 2021, dengan alasan kondisi Kota Ambon masih dalam zona orange (resiko sedang) penyebaran Covid-19.

Dalam penerapan ini, lewat Intruksi Walikota nomor 7 tahun 2021 telah merubah beberapa aturan. Antara lain Ibadah di Masjid sudah bisa dilakukan dengan kapasitas 25 persen.

Selain memperboleh shalat, aktivitas olahraga juga telah diizinkan. Namun tanpa ada penonton, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan olahraga bisa dilakukan, tetapi harus mengantongi ijin dari Satgas. Dan tidak boleh ada penonton,” tandas Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G. Latuheru, kepada wartawan, Selasa, (10/8).

Sementara pernikahan, lanjut Latuheru, dapat dilakukan tanpa menggelar resepsi. Serta menerapkan protokol kesehatan selama proses pernikahan berlangsung.

“Pernikahan kami ijinkan. Tapi jangan melakukan acara resepsi yang dapat timbulkan kerumunan. Dan ini kita jaga betul jangan sampai kluster baru, ” katanya.

Sementara terkait jam operasional bagi pelaku usaha, angkutan kota dan lain-lain masih menggunakan aturan sebelumnya dan tidak ada perubahan.

Menurutnya, Intruksi Walikota merujuk pada Intruksi Mentri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 32 tahun 2021 tentang Penerapan PPKM berlevel.

“Intruksi Mendagri juga menjelaskan tentang mengoptimalkan posko-posko penanganan Corona Virus Desease (Covid-19 ditingkat Desa maupun Kelurahan, ” sebutnya.

Sekedar tahu, penerapan kelanjutan PPKM level III di Ibu Kota Provinsi Maluku ini, berlaku sejak 9 hingga 23 Agustus 2021, yakni 2 minggu kedepan.

Sebelumnya, hal tersebut juga telah disampaikan Jubir Satgas percepatan dan penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz kepada wartawan via WhatsApp.

“PPKM Level III di Kota Ambon masih dilanjutkan sampai dengan hari ini. Penerapan tersebut sesuai dasar Intruksi Mendagri,” tandas Joy. (IAN)

Comment