by

Praktikum Kejuruan Taat Prokes

beritakotaambon.com – Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 menjadi salah satu syarat yang harus diterapkan siswa maupun guru SMK Kesehatan Trimurti Husada Ambon, saat melakukan praktikum mata pelajaran jurusan.

Kepala SMK Kesehatan Trimurti Husada, Maria Moses, mengatakan, mata pelajaran praktikum pada sekolah kejuruan penting dilakukan, agar siswa dapat memahami materi pelajaran kejuruan yang diberikan dalam bentuk teori.

Praktikum di SMK Kesehatan Trimurti Husada dilakukan dua minggu dalam sebulan. Jumlah siswa dalam sekali praktek sebanyak 10 orang. Dengan ketentuan, setiap siswa harus menggunakan masker serta harus mencuci tangan secara rutin.

Sedangkan untuk pelaksanaan mata pelajaran teori, kata Moses, pelajaran dilakukan secara Daring. “Kami jalan secara Daring dan praktikum. Pada minggu pertama, kami daring, minggu berikut kami lakukan praktek dengan prokes yang ketat. Kami itu SMK Kesehatan, jadi memerlukan praktek agar siswa lebih memahami materi,” terang Moses, Jumat (3/9).

Sekolah dengan jumlah 245 siswa itu memiliki 3 jurusan keahlian, yakni, Jurusan Keperawatan, Jurusan Analisis Kesehatan dan Jurusan Farmasi. “Kami disini ada jurusan keperawatan, analisis, dan farmas,” terangnya.

Untuk memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar ditengah pandemi Covid-19, katanya, mata pelajaran jumlah Kompetensi Dasar (KD) dikurangi. “Misalnya kelas satu itu kita kasi tiga kompetensi saja. Lebih baik sedikit tapi siswa memahami dengan baik dari pada banyak tapi tidak bisa dipahami. Harapan saya semoga kondisi ini bisa segera berakhir, bukan saja di Kota Ambon tapi diseluruh Indonesia,” tutupnya. (BKA-1)

Comment