by

Presiden Pantau Vaksinasi Buru Secara Virtual

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, akan memantau langsung proses vaksinasi Covid-19 tahap II di Kabupaten Buru secara virtual, hari ini, Kamis (25/3).

Bupati Buru, Ramly Umasugi, mengungkapkan, persiapan untuk penyuntikan vaksin Sinovac sedang berlangsung, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buru.

“Yang jelasnya, besok (hari ini) kegiatan vaksinasi tetap dijalankan. Yang rencananya 200 orang, dikurangi menjadi 30 orang. Dan itu dipantau langsung oleh pak presiden secara virtual,” kata Ramly.

Pelaksanaan vaksinasi tahap II itu akan difokuskan di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Buru, Kota Namlea, yang akan berlangsung pada pukul 09.00 Wit.

“Vaksinasi itu tetap dilakukan di Aula Kantor Bupati Buru. Yang jelas kegiatan akan berlangsung jam 09.00 Wit, sudah dimulai,” kuncinya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Ismail Umasugi, menambahkan, vaksinasi massal itu akan diikuti tokoh masyarakat dan tokoh agama, lansia, serta pelayanan publik seperti OPD Pemkab Buru.

“Untuk peserta vaksin besok (hari ini) direncanakan 30 sampai dengan 50 perseta, yang akan divaksin,” ujarnya.

Untuk tim vaksinator atau tenaga kesehatan sebanyak 20 orang, katanya, merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Namlea.

Selain proses vaksinasi, juga akan ada pembagian sembilan bahan pokok atau sembako kepada masyarakat di lokasi vaksinasi.

“Dan ada juga akan pembagian sembako. Itu informasi dari pak Kadis Sosial Kabupaten Buru yang disampaikan oleh staf kepada saya,” pungkas Ismail.

Sebelumnya diberitakan, dalam kunjungan kerja di Provinsi Maluku, Presiden RI, Joko Widodo, juga akan memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Buru. Namun hal itu dibatalkan.

Pemantauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Buru, hanya akan dilaksanakan secara virtual.

Selama di Maluku usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Maluku Utara, presiden bermalam semalam di Kota Ambon, sebelum melaksanakan sejumlah ageda pada hari ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, dalam rilisnya yang diterima BeritaKota Ambon, Rabu (24/3), mengungkapkan, presiden tiba di Bandara Pattimura, Kota Ambon, menggunakan pesawat khusus kepresidenan BBJ2 type Boeing 737-800 No Registrasi A-001, dari Bandara Kuabang Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu bersama rombongan, dijemput oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, bersama Forkopimda Provinsi Maluku.

Sedangkan untuk agenda hari ini, Presiden RI diagendakan mengunjungi Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon. “Setelah selesai kunjungan ke Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, pak presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan ke RSUP dr. J. Laimena,” ungkap Kasrul.

Selanjutnya, Presiden RI dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Kediaman Raja Hitu, Kecamatan Hitu Lama, Kabupaten Maluku Tengah. Disana rombongan juga akan meninjau dermaga Huseka’a Hitu.

“Selesai di Hitu, pak presiden melanjutkan perjalanan bersama rombongan ke rumah makan Apong Wayame, untuk makan siang. Setelah selesai, presiden dan rombongan menuju Bandar Udara Internasional Pattimura, untuk kembali ke Jakarta” tutup Selang. (MSR/BTA)

Comment