by

Prioritaskan Buku Atasi Kendala Smartphone

Ambon, BKA- Akibat banyak siswa yang terkendala smartphone untuk belajar Daring, maka SD Negeri Teladan Ambon mengambil lagkah untuk menyediakan buku bagi siswa untuk belajar di rumah.

Kepala SD Negeri Teladan Ambon, E. Likumahua, mengatakan, pengadaan buku pelajaran itu menggunakan dana BOS sekolah.

Dengan memfasilitas siswa menggunakan buku pelajaran maupun Lembar Kerja Siswa (LKS), kata Likumahua, akan sangat membantu. Bila dibandingan dengan belajar Daring, yang justru menguras banyak anggaran untuk pulsa maupun pulsa data.

“Lebih efektif jika dibandingkan dengan kita berikan bantuan pulsa dan pulsa data kepada siswa. Karena hampir sebagian besar anak-anak tidak memiliki Hp andorid. Sehingga kita sudah ambil kebijakan untuk pengadaan buka menggunakan dana BOS,” katanya.

Kendati demikian, dia juga telah mengirimkan data siswa untuk mendapatkan bantuan pulsa data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), guna membantu anak-anak didiknya yang memimiliki Hp android.

Hal itu dilakukan, karena selain belajar Luring menggunakan buku, ada juga siswa yang belajar Daring. Namun disesuaikan dengan kemampuan mereka. Sehingga mereka juga memerlukan bantuan pulsa data.

“Bersyukur, bahwa dari pusat ada berikan bantuan pulsa data, sehingga kita bisa gunakan anggaran dana BOS untuk keperluan sekolah yang lain. Karena selain beli buku, kita juga memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Kita memang prioritas buku, karena banyak siswa yang tidak bisa belajar Daring. Sehingga lebih baik dan efektif, kita pengadaan buku untuk belajar Luring saja,” pungkasnya.(LAM)

Comment