by

PRKP Akan Proses Dana MBR

AMBON-BKA, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), akan memproses dana Masayarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di tahun ini.

Kepala Dinas PRKP Kota Ambon, Rustam Simanjuntak mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih melakukan proses terkait pencairan dana MBR. “Kita tetap berproses walaupun kita berada dalam kondisi PPKM. Tetapi yang kita prioritaskan itu adalah dana DAK dulu,” ungkap Rustam, kepada Berita Kota Ambon, di pelataran Balaikota, Senin (2/8).

Baca: Walikota Ambon dan Keluarga Membaik

Menurut dia, anggaran MBR ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Tapi yang kita kasih yaitu dana DAK dulu,” terangnya.

Semua penerima bantuan yang masuk kategori MBR, sambungnya, akan diberikan masing-masing sebesar Rp 20 juta. “Jadi 17,5 juta buat bahan pembangunan rumah, 2,5 juta untuk upah,” beber dia.

Dikatakan, nilai bantuan tersebut telah ditambah menjadi Rp 20 juta. Karena sebelumnya penerima hanya menerima Rp 17,5 juta. Dan dana ini nantinya akan dikirim ke masing-masing rekening pribadi milik penerima manfaat. “Sudah tambah. Awalnya 15 juta bahan, 2,5 juta upah. Nanti kan langsung dikirim ke rekening penerima manfaat itu sendiri,” ucapnya.

Ia juga memastikan, MBR akan mendapatkan hak mereka. Namun dirinya mengaku tidak mengetahui total penerima MBR tersebut. “Saya harap mereka bisa bersabar. Karena kami pasti memproses dana mereka. Tapi yang kita prioritaskan adalah DAK. Kalau soal itu (jumlah penerima) saya tidak hafal ya. Nanti dilihat dulu baru saya sampaikan,” pungkasnya. (IAN)

Comment