by

PRKP Fokus Perbaikan RTLH

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon, tahun ini akan fokus terhadap program perbaikan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) di sejumlah kawasan kota Ambon. Yakni ada sebanyak 62 titik RLTH yang tersebar di 5 kecamatan, masuk dalam program tersebut.

Plt Kepala Dinas PRKP Kota Ambon, Rustam Simanjuntak mengaku, program Perbaikan RTLH tersebut, nantinya akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dimana pihaknya telah melakukan pendataan terhadap program RTLH pada lima kecamatan di kota Ambon, yakni sebanyak 62 RTLH.
“Jumlah RTLH telah didata, dan sementara dalam tahap perencanaan untuk dilaksanakan di tahun ini,” sebut Rustam, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (20/1).

Kata dia, lima kecamatan yang masuk dalam program PRKP, paling banyak perbaikan RTLH ada di Kecamatan Sirimau. Karena kalau dilihat dari kekuasaan wilayah dan jumlah permukiman, paling banyak ada di Kecamatan Sirimau.

Sementara untuk anggaran program RTLH, lanjut dia, untuk anggaran program RTLH yang bersumber dari APBD sebesar Rp 1, 2 miliar. Dan program tersebut telah direncanakan sejak tahun 2020 lalu, dan ditaguhkan di tahun ini akibat pandemi Covid-19.
“Sebenarnya ini sudah harus berjalan di tahun 2020, tapi karena adanya keterbatasan anggaran akibat refocusing dilakukan untuk penanganan Covid, sehingga ini baru akan dilaksanakan di tahun ini,” pungkasnya. (IAN)

Comment