by

PRKP Fokus Tuntaskan Program Prioritas

Ambon, BKA- Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon, akan berupaya menyelesaikan dua program pembangunan yang sempat tertunda akibat merebaknya wabah Covid-19 di tahun 2020. Dua program tersebut jadi prioritas untuk diselesaikan di tahun ini.

Plt Kadis PRKP Kota Ambon, Rustam Simanjuntak mengaku, anggaran untuk dua program itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Yakni untuk program dibidang kawasan perumahan adalah peningkatan kualitas daripada rumah-rumah yang berpenghasilan rendah (MBR). Sementara di bidang kawasan permukiman yaitu pembangunan septic tank pada 12 lokasi kumuh.

“Kegiatan-kegiatan itu anggarannya bersumber dari DAK yang akan dilaksanakan di Tahun 2021 ini,” ungkap Simajuntak, saat dikonfirmasi wartawan di Balai Kota, Kamis (21/1).

Dijelaskan, dua program tersebut sementara dalam perencanaan untuk dijalankan di tahun ini. Dan untuk pembangunan septic tank, akan dilakukan tanpa campur tangan pihak ketiga. Yakni nantinya akan dibentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) untuk mengawasi proses pembangunan.

Dan setelah dibentuknya KSM, lanjut dia, pihaknya akan mencarikan dana untuk program septic tank, lewat rekening KSM, selaku pihak yang akan menangani proses pembangunan dimaksud.

Simanjuntak menambahkan, anggaran yang disediakan untuk program septic tank pada 12 lokasi yang diteapkan sebesar Rp3,7 miliar lebih. Sementara untuk anggaran pembangunan MBR sebesar Rp3 miliar.

“Program ini seharusnya berjalan di tahun 2020. Namun berhalangan akibat pandemi Covid-19, sehingga separuh anggaran direfocusing untuk penanganan Covid. Dari Kementerian PRKP meminta, hingga 16 Februari mendatang, sudah harus ada laporan progres pelaksanaan program yang bersumber dari DAK itu,” pungkasnya. (IAN)

Comment