by

Program Pembangunan Desa Masarete Tunggu DD Tahap II

BURU-BKA, Pemerintah Desa (Pemdes) Masarete, Kecamatan Teluk Kaiely, telah merencanakan sejumlah program pembangunan fisik untuk dijalankan di 2021.

Sekertaris Desa (Sekdes) Masarete, Baharudin, mengatakan, untuk saat ini, program pembangunan fisik sebagai upaya menunjang kesejahteraan masyarakat, belum dapat dilakukan.

Hal itu disebabkan, kata Baharudin, karena semua program pembangunan itu harus dibiayai menggunakan Dana Desa (DD). Sedangkan DD tahap I yang telah dicairkan sebelumnya, dipriortitaskan untuk penanganan Covid-19, yakni, untuk BLT dan pengadaan Alat Pelindung diri (APD) bagi masyarakat.

Untuk itu, berbagai program pembangunan fisik yang telah direncanakan, terangnya, akan dilaksanakan setelah adanya pencairan DD tahap II.

“Untuk program pembangunan fisik, masih belum ada yang berjalan sampai saat ini. Karena ini masih fokus di anggaran Covid-19. Kemungkinan di tahap II, baru kita jalankan pembangunan fisik dan pemberdayaan,” kata Baharudin, kepada BeritaKota Ambon, belum lama ini.

Baca juga: Pemdes Kubalahin Bagi BLT Bulan Pertama

Namun sampai saat ini, katanya, pencairan DD tahap II belum dilakukan sampai sekarang. Padahal dana tersebut sangat penting untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Ya kita tidak bisa buat apa. Jadi mau atau tidak mau, pembangunan infrastruktur itu jadi terhambat. Tapi kami berinisiatif menjalankan pembangunan ini, kalau sudah pencairan tahap kedua,” Pungkasnya (MG-1)

Comment