by

Program SDGs Punya 17 Target Penting

Program Suistanable Development Goals (SDGs) yang digagas Pemerintah Pusat, memiliki 17 target penting didalamnya. Program tersebut sementara dijalankan desa/negeri maupun kelurahan di kota Ambon, salah satunya Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon.

Sekretaris Negeri Hative Besar, Hasan Ulath merincikan, 17 target dari program SDGs diantaranya menghapus kemiskinan, mangakhiri kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan bermutu, kesetaraan gender, akses air bersih dan sanitasi, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Kemudian infrastruktur industri dan inovasi, mengurangi ketimpangan, kota dan komunitas yang berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, menjaga ekosistem laut, menjaga ekosistem darat, perdamaian keadilan dan kelembagaan yang kuat, serta kemitraan untuk mencapai tujuan.

Menurut dia, program SDGs merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati para pemimpin dunia, termasuk Indonesia. Guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

“Program ini lebih terarah kepada kebutuhan desa serta masyarakat, untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan yang masih banyak ditemui di desa maupun negeri,” terang Hasan, kepada koran ini, Selasa (22/6).

Dijelaskan, dalam program SDGs, ini membawa dampak baik bagi pemerintah desa maupun masyarakat. selain untuk memajukan desa dan memberantas kemiskinan, program ini juga dapat membantu dalam melihat perkembangan desa lewat pendataan warga. Kemudian dikirim ke pemerintah pusat, agar bisa diputuskan suatu desa atau negeri tersebut masuk dalam kategori maju, berkembang, atau butuh perhatian.

“Ini juga berpengaruh kepada anggaran desa. Dimana, besarnya anggaran yang kami terima tergantung dari kategori desa,” tuturnya.

Sementara itu, Pendamping Desa, Edo menambahkan, program SDGs akan sangat bermanfaat bagi pihak desa maupun masyarakat. Yakni dalam memberantas kemiskinan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) punya peran penting didalamnya. “Bumdes sebagai hal penting untuk terus meningkatkan pendapatan asli desa,” katanya

Edo juga berharap, dengan adanya program SDGs ini, masalah kemiskinan serta kelaparan yang masih ada di desa/negeri dapat teratasi. Sehingga bukan saja dapat membawa desa lebih maju, melainkan dapat membawa Indonesia menjadi negara maju.

“Semoga saja dengan adanya program ini, masalah kemiskinan, kelaparan perlahan dapat teratasi. Sehingga warga bisa jadi lebih sejahtera,” harapnya (BKA-2).

Comment