by

Prokes di Bandara Pattimura Ambon Diperketat

Cegah masuknya virus Corona varian Delta ke kota bertajuk Manise ini, pihak Bandara Pattimura Ambon memperketat protokol kesehatan (prokes) terhadap para penumpang yang masuk keluar area bandara.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Bandara Pattimura Ambon, Aditya Narendra mengatakan, dengan adanya varian baru covid-19 yaitu Delta, semua petugas bandara dan penumpang makin memperketat protokol kesehatan.

” Jadi semua petugas bandara tidak hanya memakai masker, tapi jug memakai face Shield. Begitupun bagi penumpang pesawat, ungkap Aditya, kepada wartawan, Jumat (2/7).

Dia menyebutkan, pelaksanaan pengamanan di Bandara Pattimura Ambon sesuai dengan surat edaran Satgas Covid-19 nomor 12, mengenai ketentuan perjalanan dalam negeri di masa pandemik.

“Kami masih melaksanakan pengaman bandara sesuai surat edaran Satgas Covid nomor 12, mengenai ketentuan perjalanan dalam negeri. Diantaranya memeriksa PCR 3×24 jam, kemudian Rapid antigen 2×24 jam, dan Genos 1×24 jam, beber Aditya.

Disinggung terkait pembatasan penumpang atau pengurangan jadwal keberangkatan, Aditya mengaku, belum ada surat edaran terbaru tentang hal itu. “Kami masih menjalani sesuai surat edaran nomor 12 dari satgas covid tersebut. Belum ada peraturan atau surat edaran baru yang membuat pembatasan penumpang atau jadwal pesawat. Jadi kami masih menerima penumpang seperti sebelumnya dan jadwal pesawat juga masih normal, sebutnya.

Dikatakan, belum ada syarat bagi penumpang untuk memakai surat keterangan telah melakukan vaksinasi saat membeli tiket. “Surat keterangan vaksinasi belum jadi salah satu syarat untuk membeli tiket atau hendak masuk pesawat. Karena belum ada juga keputusan mengenai hal itu dari pemerintah,” ucap dia.

Ia menambahkan, pendapatan Bandara Pattimura Ambon sebelum Covid-19 sangat baik, namun kemudian menurun adanya wabah Corona ini. Dan jika dibandingkan dengan tahun 2020, kondisi di tahun ini sedikit membaik.

“Saat 2019 awal masuk covid itu benar-benar menurun, karena banyak yang takut bepergian. Kini 2021 pendapatnya sudah sedikit membaik,” tutup Aditya. (MG-2)

Comment