by

Proses Perkuliahan IAKN Disesuaikan Dengan Kondisi

Ambon, BKA- Proses perkuliahan di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon masih disesuaikan dengan kondisi perkembangan Covid-19. Sehingga masih akan dilakukan secara Daring.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAKN Ambon, Dr. Yance Z. Rumahuru, mengatakan, kuliah Daring masih akan terus dilakukan hingga situasi dan kondisi memungkinkan untuk belajar tatap muka.

Hal itu dilakukan, kata Rumahuru, karena Kota Ambon saat ini masih ada penyebaran virus corona. Sehingga semua aktivitas perkuliahan maupun perkantoran, tetap menggunakan protokol kesehatan. Yakni, menjaga jarak, pakai masker, mencuci tangan, hingga menjahui kerumunan.

“Kami masih menyesuaikan dengan kondisi. Oleh sebab itu, untuk penyelesaian semester ganjil 2020/2021 di IAKN, untuk sementara mahasiswa tetap belajar atau kuliah Daring dulu,” ujar Rumahuru, Minggu, (3/1).

Kalau kondisi mulai membaik, terangnya, maka akan dilakukan langkah penyesuaian selanjutnya. Tida bisa langsung melakukan perkualiahan tatap muka secara full. Melainkan dilakukan kolaborasi pola perkualiahan. Yakni, kuliah Daring, Luring dan tatap muka.

“Sekalipun pada semester genap 2020/2021 nanti memungkinkan untuk tatap muka, IAKN akan melakukan perkuliahan secara Daring dan Luring. Tidak bisa hanya Daring atau Luring saja, tapi campuran. Sampai benar-benar perkembangan Covid-19 benar meyakinkan kita lakukan kuliah tatap muka,” ujarnya.

Akibat masih adanya penyebaran virus corona, ungkapnya, Pemerintah Pusat (Pempus) maupun Pemerintah Daerah (Pemda) belum berani mengambil keputusan belajar atau kuliah tatap muka. Hal itu menyebabkan, pihak kampus pun harus melakukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi.

“Kita berdoa saja, agar kondisi ini cepat berakhir, supaya kita kembali melakukan aktivitas secara normal. Karena sepanjang masih ada virus, kita pun harus tetap antisipasi dengan proses kuliah secara daring,”tutup Rumahuru.(LAM)

Comment