by

PSBB Transisi XII Hingga Januari 2021

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memutuskan untuk kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi Tahap XI, yang berakhir pada 27 Desember kemarin.

Hari ini, Senin (28/12), Pemkot Ambon melanjutkan dengan masa PSBB Transisi Tahap XII untuk dua pekan kedepan, atau hingga minggu pertama Januari 2021 mendatang.

Alasan pemberlakuan masa PSBB Transisi Tahap XII, untuk menekan angka penularan Covid1-19 di Kota Ambon, yang hingga saat ini masih berada pada status zona orange.


“Sepanjang masih zona orange, PSBB Transisi tetap berlanjut,” sebut juru bicara Percepatan Penanganan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz, ketika dikonfirmasi Berita Kota Ambon, via Whatsapp, akhir pekan kemarin.

Untuk penerapan aturan pada masa PSBB Transisi Tahap XII, sambung Joy, masih sama dengan aturan yang diterapkan pada masa PSBB Transisi Tahap Xi sebelumnya. “Peraturan masih sama,” singkatnya.

Lebih lanjut, menurut Joy, untuk hasil evaluasi zonasi penyebaran Covid-19 di Kota Ambon, akan dirilis hari ini atau besok, Selasa (29/12).

Dia berharap, Kota Ambon dapat keluar dari zona orange, berganti ke zona kuning. “Masih zona orange. Senin atau Selasa baru diketahui hasil evaluasi,” ujarnya.

Sekedar tahu, aturan pada PSBB Transisi Tahap XI sebelumnya, diantaranya, rapid test ditempat bagi warga yang tidak mengindahkan protokol kesehatan ketika beraktivitas diluar rumah, yang disisipkan dalam operasi yustisi.

Selain itu, Batas mengangkut penumpang bagi moda transportasi hanya 50 persen. Sedangkan seluruh tempat usaha, batas beroperasi hanya sampai pukul 21.00 WI. (BKA-1).

Comment