by

PSDKU Tiakur Diupayakan Jadi UNK

Ambon, BKA- Koordinator PSDKU Tiakur, Prof. Aholiab Watloly, mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan guna menaikan status PSDKU Tiakur menjadi Universitas Negeri Kelwedo (UNK).

Menurutnya, secara umum, kampus milik Unpatti Ambon di Tiakur itu sudah memenuhi syarat untuk dinegerikan. Hanya saja dari segi administrasi, belum 100 persen. Sehingga masih perlu dibenahi, guna memenuhi syarat kampus negeri.

“Dengan membaca perkembangan yang terjadi sejak berdiri tahun 2016 hingga saat ini, sebenarnya PSDKU di kabupaten MBD telah memenuhi syarat untuk pengusulan PSDKU menjadi UNK. Bapak Rektor Unpatti, sudah beberapa kali memanggil saya, untuk mempercakapkan proses pengusulan. Sejauh ini, PSDKU di kabupaten MBD sudah memiliki peminatan (mahasiswa), status akreditasi baik dan infrastruktur kampus sudah terbangun. Tapi salah satu kriteria untuk mengusulkan universitas harus memiliki fakultas. Maka itu diperlukan studi untuk membuka lagi program studi baru, sehingga ketika ditransformasi dapat memenuhi persyaratan,” ucap Watloly, selasa (15/12)

Meskipun kampus PSDKU Tiakur ini, kata Watloly, baru berusia 4 tahun, namun ia sangat bersyukur, ada perkembangan yang dirasakan selama 4 tahun tersebut. Karena itu, dia optimis, kampus yang dipimpinnya itu akan menjadi kampus negeri.

“Sekalipun problem pusat dengan kecenderungan untuk moratorium, tapi ada keistimewaan untuk MBD. Lewat rekomendasi penugasan khusus untuk daerah Terdepan, Tertinggal dan Terpencil (3T). Buktinya, pada tahun 2016 lalu PSDKU berdiri di Tiakur. Upaya untuk meningkatkan status mandat menjadi Pendidikan Diluar Domisili (PDD) tahun 2016, akhirnya membuahkan hasil. Tahun 2018 PDD dijijikan naik status ijin untuk PSDKU. Tentu itu bukan terjadi begitu saja, tanpa upaya. Akan tetapi dilandaskan lewat beberapa persyaratan dasar, dengan level akreditasi minimal. Kita terus kerjakeras agar tetap dengan standart pelayanan mutu pendidikan. Puji Tuhan, tahun 2020 kita sudah di level akreditasi baik. Dengan apa yang kita lakukan dan capai itu, saya yakin, PSDKU akan menjadi universitas. Jika kita tetap kerjakeras, didukung oleh pemda maupun pihak-pihak lainnya. Semoga apa yang kita harapkan, dapat tercapai. Demi pengembangan mutu pendidikan di MBD.”harap Watloly. (LAM)

Comment