by

PSDKU Unpatti Makin Dekat Beralih Status

AMBON-BKA, Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universita Pattimura (Unpatti) Ambon, semakin dekat untuk beralih status menjadi universitas.

Saat ini terdapat dua PSDKU yang diselenggarakan Unpatti Ambon, yakni, di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Kedua PSDKU tersebut tengah menunggu hasil akreditasi, yang belum lama ini telah dilakukan asesmen lapangan.

Baca Juga: Ujar Kebencian di Medsos, Mahasiswa Unpatti Terancam 6 Tahun Bui

Jika hasil akreditasi yang diperoleh baik, maka sudah bisa beralih status menjadi universitas. Yakni, Universitas Kalwedo di Kabupaten MBD serta Universitas Jargaria di Kabupaten Kepulauan Aru.

Ketua PSDKU Unpatti Ambon, Prof. Dr. Aholiab Watloly, mengatakan, PSDKU yang didirikan pada 2016 lalu, kini sudah dalam tahapan akreditasi definitif.

“Jadi kalau mendapat nilai pada level baik, itu sudah lebih dari cukup. Sebab banyak program studi di universitas lain yang di tolak BAN-PT dan tidak lolos validasi dan asesmen kecukupan. Puji Tuhan, semua program studi PSDKU Unpatti sudah lulus validasi dan lulus asesmen kecukupan, sehingga kita harapkan mencapai akreditasi yang definitif minimal pada level status baik. Kalau ada yang bisa dapat level sangat baik, itu bagian dari berkat,” jelasnya, pekan kemarin.

Menurutnya, sekarang sudah ada desakan dari berbagai pihak untuk dilakukan transformasi dari PSDKU menjadi Universitas Kalwedo di MBD dan Universitas Jargaria di Kepulauan Aru.
Namun untuk mencapai standar itu, katanya, perlu memenuhi salah satu syarat, yakni, mendapatkan akreditasi program studi dengan standar nilai baik.

“Kalau 12 program studi di PSDKU yang terbagi di Kepulauan Aru (Enam Program Studi) dan Maluku Barat Daya (Enam Program Studi), masing-masing sudah memiliki akreditasi Baik, Sangat Baik maupun Unggul, maka langkah selanjutnya adalah kita alih status ke universitas,” tutup Watloly. (LAM)

Comment