by

Puing Lapak di Pesisir Pantai Mardika Akan Dibersihkan

Ambon, BKA- Pasca pembongkaran ratusan lapak di pasar Apung Mardika, sebagian puing lapak tersebut jatuh ke pesisir pantai Mardika. Sisa puing-puing inilah yang sementara dicarikan solusi oleh Disperindag Kota Ambon, untuk dibersihkan dari pesisir pantai Mardika.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, telah mengangkat puing-puing lapak pedagang yang telah dibongkar, untuk persiapan revitalisasi Pasar Mardika. Namun DLHP agak kesulitan membersihkan puing-puing lapak yang telah jatuh di pesisir pantai kawasan Mardika itu. Sebab, alat berat yang dipakai tidak bisa menjangkau ke pesisir pantai tersebut.

Sekertaris Disperindag Kota Ambon, Janes Appono menyebutkan, pihaknya sementara mencari cara agar puing-puing lapak yang telah merusak pemandangan kawasan pantai di Mardika itu, dapat dibersihkan.
“Nanti kita pikir caranya seperti apa untuk bisa diselesaikan secara total gitu,” ungkap Janes, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (17/11).

Dia juga mengaku, alat berat yang difungsikan untuk mengakut puing-puing lapak itu tidak dapat menjangkau masuk ke pinggiran laut itu. Sehignga pihaknya sementara mencari jalan keluar untuk menyelesaikan problem tersebut.

“Ada yang tidak sempat diangkut, karena memang terlalu jauh jangkauan alat berat itu. Itu akibat dari kegiatan pembongkaran lapak itu. Tapi puing-puing lapak yang ada di perairan laut itu, lagi sedikit saja, ” jelas dia.
Dituturkan, sebagian puing-puing lapak yang merebak ke perairan laut itu telah diangkut dari DLHP. “Saya kira itu sudah diangkat, tapi hanya sedikit saja ada di pantai itu. Tapi nanti kita akan cari jalan keluar yah,” cetus dia.

Namun untuk secara umum, sambung dia, puing-puing lapak pedagang yang telah dibongkar itu sudah diangkat dengan menggunakan armada milik DLHP.
“Puing-puing dari pembongkaran itu sudah diangkat oleh mobil-mobil dari dinas lingkungan hidup. memang hanya ada sedikit puing lapak yang jatuh ke laut,” tutupnya. (BKA-1)

Comment