by

Pulihkan Ekonomi, Negeri Hative Besar Dorong Pariwisata

Pemerintah Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon mulai mengembangkan pariwisata di lingkungannya, guna memulihkan ekonomi warga di masa pandemi Covid-19. Program yang menggunakan Dana Desa (DD) ini, dinilai dapat menjadi sumber pendapatan yang cukup optimal.

Sekertaris Negeri Hative Besar, Hasan Ulath mengatakan, pihaknya sementara fokus dalam mengelola objek wisata pantai. Pengembangan pariwisata buah juga akan dilakukan, mengingat sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani buah.

Dia menyebutkan, sektor pariwisata pantai akan dikelola oleh pemerintah negeri. Dimana banyaknya objek rekreasi pantai dapat dimanfaatkan untuk aktivitas jual beli masyarakat dalam meningkatkan ekonomi.

“Selain wisata pantai, kami juga optimis melakukan pengembangan sektor pariwisata buah yang menjadi salah satu profesi utama warga dalam bercocok tanam. Melihat lahan pertanian buah yang dimiliki para warga menjanjikan, maka pemerintah desa berinisiatif melakukan kerjasama dengan masyarakat setempat untuk mengelola usaha mereka. Agar hasil yang dipanen dapat menjadi produk berkualitas tinggi yang dapat bersaing di pasaran,” jelas Hasan, saat dihubungi Beritakota Ambon, Jumat (4/6).

Kedepan, lanjut dia, dibawah pengawasan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat membangkitkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian yang sementara digarap. “Kami akan mengajar masyarakat untuk mengolah setiap hasil panen buah, kedalam berbagai produk makanan yang punya nilai jual lebih tinggi,” tandasnya.

Menurut hasan, hasil panen buah yang dimiliki warga, setiap tahunnya berlimpah ruah. Namun banyak yang tidak dimanfaatkan dengan baik hingga membusuk begitu saja. Untuk itu, pemerintah negeri sedang berupaya membuat pelatihan tentang cara mengelola hasil panen warga setempat, agar bernilai jual tinggi.

Ia berharap, ada kerjasama yang baik antara pemerintah negeri dengan warga setempat, untuk menyukseskan seluruh program yang dilakukan “Kami sangat optimis dalam menjalankan program ini. Kami yakin ini berhasil. Dengan adanya dukungan dari masyarakat sekitar, kita bisa sama-sama melaksanakan program ini dengan baik,” tutupnya. (MG-3)

Comment