by

Pulsa Internet Siswa Dibiayai Dana BOS

Ambon, BKA- Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy, meminta seluruh kepala sekolah (Kepsek) agar merealisasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membiayai pulsa internet siswa.

Sebab, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, membuat seluruh siswa tingkat SD dan SMP harus mengikuti Work Form Home (WFH) atau belajar dari rumah secara online.

Hal tersebut, kata Fahmy, menindak lanjuti edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, yang memperbolehkan anggaran dana BOS bisa membiayai siswa. Agar memiliki kouta internet selama belajar melalui daring atau online.

Fahmi menyebutkan, dinasnya hanya bisa memantau kinerja para kepala sekolah, terkait edaran Kemendikbud RI tersebut.

“Edaran Kemendikbud sudah jelas. Untuk teknis lapangan yang akan diterapkan terkait realisasi dana BOS tersebut, akan diserahkan kepada pihak sekolah masing-masing. Kami hanya bertugas untuk memantau apakah sudah terlaksanakan atau belum,” tegasnya, kepada wartawan kemarin.

Lebih lanjut, tutur Fahmi, Dinas Pendidikan Ambon akan selalu memantau seluruh kepala sekolah, apakah sudah menindaklanjuti edaran Kemendikbud RI atau belum.

“Saya kira nanti akan kami cek kembali, apakah penyaluran dana BOS ini sudah sesuai dengan peruntukannya atau tidak,” imbuhnya.

Ia menegaskan, seluruh kepala sekolah wajib untuk menerapkan apa yang sudah diedarkan Kemendikbud RI, demi meringankan siswa maupun orang tua siswa di tengah pandemi saat ini.
“Ini sebagai upaya untuk menjembatani, kepentingan siswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh secara online,” ujarnya.

Dijelaskan, sesuai dengan hasil pantauan, sebagian besar sekolah-sekolah di kota bertajuk Manise ini, telah menjalankan apa yang sudah menjadi kewajiban terkait edaran Kemendikbud RI itu.
Namun tindakan pengecekan tetap akan dilakukan pihaknya, apakah benar-benar diperuntukkan untuk biaya pulsa Internet atau tidak.

“Ada beberapa SMP, yang sudah memahami dan menjalankan edaran Kemendikbud. Yaitu SMPN 7, SMPN 9, SMPN 14. Dan beberapa sekolah yang belum melakukan atau realisasikan dana BOS sesuai edaran kementrian akan kami cek, agar bisa secepatnya diberlakukan,” tukasnya. (BKA-1)

Comment