by

PUPR Kembali Didesak Bangun Pos Damkar

Ambon, BKA- Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ambon, Edwin Pattikawa kembali mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar percepat pembangunan pos Damkar pada lima Kecamatan di kota Ambon.

Diantaranya kecamatan Teluk Ambon, Sirimau, Leitimur Selatan, Baguala dan Nusaniwe. Agar pos damkar pada masing-masing kecamatan ini, dapat tanggap terhadap bencana kebakaran jika memang terjadi.
Edwin mengaku, terkait dengan pembangunan pos damkar, pihaknya hanya bisa berikan usulan. Dan itu sudah dilakukan sebelumnya, yakni Dinas PUPR Kota Ambon yang akan membangunnya.

“Nanti yang bangun itu Dinas PUPR. Kita (Damkar) sifatnya melakukan permohonan atau usulan,” sebutnya kepada wartawan, di Balai Kota, Jumat (23/4).

Menurutnya, jika pos damkar telah dibangun di masing-masing kecamatan, maka pelayanan masyarakat juga semakin maksimal. Sehingga diharapkan agar Dinas PUPR dapat menindaklanjutinya. “Semua ada regulasi. Kami harap Pos damkar segera dibangun, ” harap Edwin.

Dia menjelaskan, setiap kecamatan harus ada pos damkar. Dan hal tersebut telah tertuang dalam peraturan daerah (Perda) Kota Ambon, guna mempercepat pelayanan masyarakat.
“Di perda kami itu, setiap kecamatan harus memiliki pos Damkar, dalam rangka memenuhi tanggap terhadap laporan. Mengingat tanggap itu maksimal 15 menit sudah harus sampai di lokasi kebakaran. Karena dengan jarak pos yang jauh juga sangat beresiko bagi petugas, dan tentunya memperlambat penanganan,” pungkasnya. (IAN)

Comment