by

Puskesmas Dobo Gelar Loka Karya Vaksin Covid-19

Ambon, BKA- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dobo gelar loka karya mini lintas sektor, dengan mengusung tema “Kopi Manis Vaksinasi”, yang berlangsung di Havana Caffe, Rabu (3/3).

Loka karya itu dibuka oleh Camat Pulau-Pulau Aru, Roberthus Ngebursian, yang turut dihadiri Sekertaris Dinas Kesehatan Kepulauan Aru dr. Hendrik Darakay, Kepala Puskesmas Dobo Maria Karemy, Lurah Galay Dubu Ravenska Takarbobir, Waka Polsek Pulau-Pulau Aru Iptu Leo Siwabessy, Babinsa Serka Befianus L, serta tamu undangan lain.

Camat Pulau-Pulau Aru, Robertus Ngebursian, dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, tidak hanya dilaksanakan dari sisi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes), namun juga intervensi dengan vaksinasi sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Selain itu, tambah dia, vaksinasi bertujuan untuk menjaga kekebalan tubuh masyarakat (Herd Immunity), agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Untuk memutus mata rantai Covid-19, bukan saja kita terapkan Prokes, akan tetapi harus dibarengi dengan vaksin. Sehingga imun tubuh kita tetap terjaga,” pungkasnya.

Menurut Ngebursian, vaksin Covid-19 akan membantu proses penanganan pandemi lebih cepat. “Vaksin Covid sangat penting untuk kita semua. Dan sejak 27 Januari hingga saat ini, tenaga kesehatan di daerah ini telah divaksinasi. Dan rencana vaksinasi berikut, yaitu, pegawai atau orang yang pekerjaannya banyak bertemu dengan orang lain, dalam hal ini ASN, TNI-Polri, tokoh agama dan lainnya yang diperkirakan mulai pada pertengahan Maret. Sedangkan untuk masyarakat pada bulan April nanti. Jadi saya sangat harap partisipasi baik kita semua,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Dobo, Maria Karemy, pada kesempatan yang sama, mengatakan, lokakarya mini lintas sektor yang dilaksanakan itu, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 nantinya.

Dia berharap, semua elemen pemerintah, mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga desa, agar turut serta memberikan edukasi kepada masyarakat demi melancarkan program pemerintah lewat vaksin Covid-19.

“Saya harap, kita bersama-sama bertransformasi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat baik ditingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat desa,” harap Karemy.

Diketahui usai kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama lintas sektor, untuk persiapan vaksinasi tahap II, dengan mengajak mari bersama dukung kegiatan vaksinasi untuk mencegah dan memutuskan mata rantai Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru. (WAL)

Comment