by

Puskesmas Galay Dubu Laksanakan Program Ketuk Pintu

Puskesmas Galay Dubu Dobo, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, menggencarkan program “Ketuk Pintu” untuk menjaring Lansia untuk disuntik vaksin Covid-19.

Langkah yang dilakukan Puskesmas Galay Dubu Dobo tersebut, sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di daerah penghasil mutiara itu.

Pantauan BeritaKota Ambon, masyarakat kategori lansia menjadi sasaran vaksin petugas medis. Antusias para lansia untuk divaksin menjadi sangat tinggi, yakni, 70 persen.


“Animo lansia ini bagus. Mereka sudah sebanyak 70 persen yang kami vaksin, khusus di wilayah Puskesmas Galay Dubu,” ungkap Kepala Puskesmas Dobo, Maria Karemy.

Lanjutnya, target Puskesmas tersebut yakni melakukan vaksin terhadap 500 Lansia dalam sepekan. Sehingga ditempuh dengan cara “Ketuk Pintu” yang dilakukan petugas medis, setiap hari.

“Kita punya program vaksin juga ada. Ya kalau mereka (Lansia) tidak datang, maka petugas akan menyambangi rumah mereka. Dengan cara itu,” jelasnya.

Hal itu dilakukan, terangnya, karena mengingat sebagian Lansia masih takut karena minimnya informasi maupun pengetahuan tentang program vaksinasi Covid-19 tersebut. Sehingga “Ketuk Pintu” juga dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemahaman mereka tentang petingnya vaksinasi.

“Minim informasi vaksin, makanya kita datangi langsung. Ini juga tujuannya untuk kita berikan pemahaman, karena mereka banyak yang masih takut di vaksin,” pungkas Karemy.(WAL)

Comment