by

Puskesmas Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19

Ambon, BKA- Sebanyak 22 Puskesmas dan 7 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) seperti rumah sakit yang beroperasi di Kota Ambon, telah ditetapkan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19. Segala layanan pada sejumlah lokasi tersebut, dianggap telah memadai untuk dilakukan vaksinasi.

“Untuk fasilitas, sampai sudah penetapan berarti memang memadai. Kalau tidak memadai, katong (kita) tidak tetapkan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (6/1).

Menurut Wendy, sesuai petunjuk teknis (juknis), masing-masing puskesmas menyiapkan 5 tenaga kesehatan menjadi vaksinator. Sementara rumah sakit, harus menyediakan 10 vaksinator dari tenaga kesehatan.

“Tujuh Fasyankes, itu antara lain RS dr Latumeten, RS Bhayangkara, RS Siloam, RSUP Leimena, dan lainnya saya lupa. Tapi yang pasti ada 7 Fasyankes yang diluar Puskesmas. Satu Puskesmas akan menyediakan 5 orang vaksinator sesuai dengan Juknis dan RS itu 10 vaksinator,” jelasnya.

Wendy berharap, agar seluruh masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan (prokes) ketika beraktivitas di luar rumah. Sebab dengan begitu, kemungkinan penyebaran Covid-19 dapat ditekan.

“Prokes tetap katong jaga untuk menurunkan angka penularan kasus. Dan kita menghimbau untuk masyarakat. Sebab Katong harapkan gelombang pertama vaksinasi nanti,” tutupnya. (BKA-1)

Comment