by

PWI Buru Bagi 300 Masker

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru, kembali melakukan aksi sosial dengan berbagi masker gratis kepada masyarakat dan pedagang sebanyak 300 buah.

Aksi sosial ini dilakukan untuk mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang telah diberlakukan sejak 12 Juli 2021 kemarin.

Kali ini PWI Buru menyasar wilayah dataran Waeapo, tepatnya di Pasar Tradisional Unit Enam, Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru, Rabu (14/7).

Pantauan BeritaKota Ambon, aksi sosial itu disambut antusias pedagang maupun warga yang melakukan aktivitas jual beli di pasar tradisional.

Pembagian masker ini juga sekaligus sebagai bentuk kampanye serta edukasi dari awak media di Kabupaten Buru, agar masyarakat selalu disiplin protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan.

Ketua PWI Buru, M. Syukry Ar Rusmanto Rada mengatakan, pembagian masker dilakukan menyusul meningkatnya angka kasus Covid-19 di Indonesia, termasuk di kabupaten penghasil minyak kayu putih itu.

“Ini kali kedua, kita melakukan aksi pembagian masker, menyikapi kondisi Covid-19 yang semakin merajalela di masyarakat. Kita melihat masih banyak masyarakat yang kurang sadar terhadap protokol kesehatan,” terangnya Rada.

Dia menilai, kesadaran warga akan protokol kesehatan masih rendah. Sehingga dalam aksi berbagi masker itu, para jurnalis juga mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami melihat masih rendah kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker. Untuk itu, kami membagikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker di pasar unit 6,” tandasnya.

Dikatakan, pembagian masker difokuskan di pasar, karena pasar menjadi salah satu wilayah yang rentan penyebaran Covid-19. “Ada sebanyak 300 buah masker kita bagikan ke masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat,” sebutnya.

Ditambahkan, dalam kegiatan itu juga dilakukan edukasi terhadap masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Kami juga melakukan edukasi kepada masyarakat, untuk tetap menjaga prokes di tengah pandemi Covid-19 yang makin meluas,” pungkasnya.

Sementara itu, Aam Purnama, salah seorang warga yang ditemui saat pembagian masker tersebut, mengapresiasi dan berterima kasih terhadap PWI Kabupaten Buru.

“Kami juga berterima kasih kepada para jurnalis yang tergabung dalam organisasi PWI Kabupaten Buru, karena telah memperhatikan masyarakat kecil seperti kami, ucapnya. (MSR)

Comment