by

Rahawarin Upayakan IAIN Secepatnya Jadi UIN

Ambon, BKA- Selain berjanji akan menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai Rektor Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, saat dilantik pada 6 November lalu, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, juga akan berupaya untuk secepatnya menaikan status perguruan tinggi yang dipimpinnya itu menjadi universitas.

Rahawarin ingin agar pada masa kepemimpinannya, IAIN Ambon dapat naik status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon. Keinginan itu dia sampaikan saat menerima kunjungan Direktur Harian Berita Kota Ambon, Rifan Riusanto, diruang kerjanya, Selasa (17/11).

Menurutnya, UIN sudah menjadi harapan besar warga kampus IAIN Ambon sejak beberapa tahun lalu. Sehingga berbagai upaya terus dilakukan, untuk memenuhi persyararatan sebagai sebuah universitas.

Karena itu, apa yang sudah dilakukan oleh Rektor sebelumnya, akan dia lanjutkan guna mempercepat kenaikan status dari IAIN menjadi UIN.

“Saya baru dilantik hari Jumat lalu. Sebenarnya saya sudah lama, tapi baru menjabat, terhitung mulai bertugas di kampus ini 19 tahun yang lalu. Waktu itu, kita masih IAIN cabang dari Makassar. Sesudah itu, mulai ada fakultas di Tulehu, dan lama kelamaan berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ambon. Tahun 2003, saya menjabat sebagai pembantu ketua II Bagian Administrasi dan Keuangan hingga 20017. Selang beberapa tahun itu, Alhamdulillah STAIN dinaikan statusnya menjadi IAIN. Memang kami sangat berharap sekali, bukan saja sampai kepada IAIN saja, tapi memang perencanaan kami dulu untuk perubahan alih status ke UIN. Tapi karena terkendala dengan persyaratan akademik pada zaman itu kan masih rendah, sehingga kita naikan menjadi institut. Berbagai upaya terus kita lakukan di sejak 5 tahun terakhir di masa kepemimpinan rektor sebelumnya. Kita berupaya keras untuk menaikan atau alih status menjadi universitas, dan suda berproses. Mudah-mudahan, di pimpinan baru kita ini bisa membantu untuk kita naikan status IAIN menjadi UIN,” ujar Rahawarin.

Karena itu, dia berharap, dukungan serta kerja sama semua pihak, khususnya media guna mempublikasi berbagai program dan kegiatan di kampus yang dipimpinnya itu, menuju kampus yang berkualitas.

“Harapan saya , ketika saya berjumpa dengan teman-teman wartawan ini, dapat membantu kita untuk memberitakan berbagai program dan kegiatan kita untuk masyarakat. Karena itu yang sangat dibutuhkan dalam dunia akademik, terutama sebuah pendidikan tinggi. Bahwa jika ingin mau besar, itu perlu dipublikasikan. Caranya, ya harus kerjasama dengan media-media,” pungkasnya.(LAM)

Comment