by

Ramly Minta Penjabat Kepala Desa Bangkitkan Ekonomi Warga

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru telah mencabut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Namlea, karena Kabupaten Buru kembali berstatus zona hijau penyebaran virus Covid-19.

Maka untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Buru, Bupati Ramly Umasugi meminta kepada desa agar bisa mengatasi permasalah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ramly Umasugi saat memberikan sambutan usai melantik lima penjabat kepala desa, yang berlangsung, di Aula Kantor Bupati Buru, Namlea, pekan lalu.

Orang nomor satu di Pemkab Buru ini mengatakan, pemerintah terus berupaya keras untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Selani memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kata dia, pemerintah desa juga harus membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Maka peran kepala desa sangat penting dalam upaya penyesuaian saat ini, bagimana dalam penyesuaian yang ada saat ini, itu lebih diutamakan kepada membangkitkan ekonomi. Jadi bangkitkan ekonomi itu penguatannya dapat diimplementasikan lewat kegiatan-kegiatan yang bersifat penguatan ekonomi ditingkat bagi masyarakat desa yang diciptakan Kementerian Desa dan sebagainya,” ucapnya.

Ia menambahkan, penjabat yang baru dilantik akan mendapatkan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDS) tahun 2021, maka perlu langkah-langkah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Insya Allah, bertepatan dengan pelantikan saudara hari ini, akan ada pembahasan APBD RAPBD tahun 2021 dan juga akan ada RKPDS. Maka lakukan langkah-langkah penyesuaian terhadap RKPDS saudara-saudara. Segalanya disinkronkan, disinergikan dengan baik dengan seluruh dinas dalam RKP-nya maupun dengan kecamatan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, bupati Buru juga meminta penjabat kepala desa untuk melakukan koordinasi intensif dengan kecamatan dan OPD terkait, seperti DPMD maupun Inspektorat, agar tidak terkena masalah hukum. “Supaya dalam hal pengelolaan dana desa tidak menimbulkan masalah-masalah dikemudian hari,” pungkasnya. (MSR)

Comment