by

Rapid Antigen Bagi CPNS Akan Digratiskan

beritakotaaambon.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap menggratiskan pemeriksaan Rapid Antigen atau Swab-PCR ke seluruh peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

“Kita bisa membantu peserta seleksi CPNS, untuk membebaskan mereka atau membantu dengan Rapid Antigen, begitu,” terang Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G Latuheru, kepada wartawan, Selasa (14/9).

Kebijakan ini, ungkap Latuheru, pihaknya harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, guna menghindari terjadinya kesalahan yang bisa terjadi dikemudian hari.

“Kebijakan itu kan nanti kita mesti bicara dengan Pemerintah Provinsi Maluku dulu. Karena jangan sampai nanti terjadi miss persepsi antara pemerintah kota dengan provinsi,” sebutnya.

Ia menjelaskan, meski sarana prasarana dan sumber daya kesehatan tersedia untuk bisa memeriksa kesehatan tiap peserta CPNS, tetapi Pemkot tidak mau gegabah mengikuti langkah pemerintah daerah lainnya.

Baca juga: Oktober, 189 CPNS Pemkot Prajabatan

“Itu kan tidak ada masalah. Sama dengan di Ambon, kita bisa kasi bebaskan saja biaya Rapid Antigen. Pemerintah punya ada kan, kenapa kita tidak membantu mereka ?,” sebutnya.

Mantan Sekertaris DPRD Kota Ambon ini juga mengaku, terkait hal itu, akan menunggu tindak lanjut Walikota, agar nantinya tidak menyulitkan para peserta seleksi CPNS. Sebab, peserta sebelum masuk ruang tes, harus kantongi Rapid Antigen dengan hasil non reaktif/negatif dan kartu vaksin. Ini sebagai persyaratan dalam mengikuti CPNS tahun 2021.

“Kita bisa bantu dengan Antigen. Kalau dia belum vaksin tanggungjawab sendiri. Kecuali kalau dia punya penyakit bawaan yang tidak bisa divaksin, sesuai surat keterangan dokter yang tergabung dalam Pokja KIPI,” beber Latuheru.

Sekedar tahu, beberapa Kabupaten/Kota di Maluku melalui edaran Bupati/Walikota setempat, telah mengeluarkan surat terkait digratiskannya biaya Rapid Antigen atau Swab-PCR bagi peserta seleksi CPNS di tahun ini. (IAN)

Comment