by

Ratusan Personil Siap Amankan Mudik Lebaran

Ambon, BKA- Kapolres Seram Bagian Timur (SBT), AKBP Andre Sukendar mengatakan, jelang momentum hari raya Idul Fitri 1442 Hijrah (2021), pihaknya akan menurunkan sebanyak 150 personil Polres setempat untuk melakukan pengamanan jelang mudik lebaran di SBT.

Hal ini menurut Andre, demi menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Dimana kampanye protokol kesehatan pun akan dilakukan, demi memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

Ratusan personil yang bertugas nanti, kata Andre, 100 anggota dari Polres SBT dan 50 lainnya keterlibatan jajaran Polsek, dan akan dilibatkan juga anggota TNI dan Satpol-PP. Karena sesuai dengan strategi pengamanan mudik lebaran yang sudah direncanakan.

“Sesuai rencana operasi yang sudah kami susun, pengamanan mudik lebaran ini nantinya akan melibatkan juga personil atau pasukan dari TNI dan Satpol PP,” terang Andre, kepada koran ini, di Bula, Kabupaten SBT, Jumat (23/4).

Menurutnya, pengamanan tersebut dilakukan tidak hanya berpusat di pelabuhan Sesar Kota Bula. Melainkan juga dilakukan di pelabuhan Geser, pelabuhan Gorom dan pelabuhan lainnya. “Khusus di Kota Bula sendiri, pengamanan Kamtibmas berpusat di pos Satlantas di jalan protokol, sembari diperkuat dengan kegiatan patroli secara rutin,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, pengamanan akan dilakukan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Namun kali ini ada sedikit perbedaan, karena berada dalam kondisi pandemi. “Pada proses pengamanan, himbauan protokol kesehatan juga akan disampaikan demi memutuskan mata rantai penyebaran covid-19,” sebutnya.

Diketahui, saat ini mudik lebaran telah dilarang oleh pemerintah pusat. Ini bertujuan untuk menghindari kerumunan supaya tidak melahirkan klaster baru dalam penyebaran virus akibat tingginya kerumunan. (SOF).

Comment