by

Rawan, JMP Akan Dipasang CCTV

Ambon, BKA- Dinilai rawan terjadi tindakan kriminal, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Ambon akan memasang 4 unit Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pemantau di kawasan Jembatan Merah Putih (JMP) Ambon.
Pemasangan CCTV tersebut, guna memantau aktivitas masyarakat yang melintasi kawasan JMP. Sekaligus meminimalisir tindakan kriminal yang sering terjadi.

“Sering terjadi tindakan kriminal. Untuk itu, JMP harus kita pasang CCTV,” tandas Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz, kepada wartawan diruang Media Center, Balai Kota, Kamis (25/3).

Pemasangan CCTV itu, jelas Joy, harus mendapat izin dari Pemerintah Pusat (Pempus). Dan pihaknya tidak mau mengambil resiko. Sehingga terlebih dulu akan dilakukan koordinasi antara Pemerintah Kota dan Pempus.

Menurut dia, pihaknya sudah sejak lama ingin memasang CCTV di kawasan JMP. Dan untuk merealisasikan hal itu, akan dibangun kerjanya dengan Pemerintah Provinsi Maluku. Sehingga tidak terjadi kesalah pahaman.
“Untuk bisa mendapatkan izin dari pusat, makanya kita harus lakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Provinsi, dalam hal ini Balai Jalan Maluku,” terangnya.
Dia mengaku, saat ini sudah ada 32 CCTV yang telah dipasang di seluruh wilayah Kota Ambon. “Sudah diaktifkan, bahkan waktu Presiden datang hari Rabu (kemarin) itu, kita sudah bisa pantau dari CCTV,” bebernya.

Dikatakan, dalam waktu dekat ini, akan ada penandatanganan memorandum of Understunding (MoU) antara Pemerintah Kota dan Polda Maluku, terkait CCTV tersebut. Karena diantara puluhan CCTV yang dipasang, beberapa unit diantaranya milik Polda Maluku.

“Diantara 32 CCTV, ada tiga unit itu milik Polda Maluku. Dan nanti ditambah empat dari Balai Jalan lagi. Nah, sekarang memang sudah aktif, namun belum di launching. Kemungkinan besar peresmian CCTV dilakukan oleh Walikota Ambon dan Kapolda Maluku, pada minggu ke tiga bulan April 2021,” pungkasnya. (IAN)

Comment