by

RDT Antigen Untuk Zona Merah

Ambon, BKA- Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz menegaskan, Rapid Tes (RDT) Antigen, hanya diwajibkan untuk daerah yang masuk dalam kategori zona merah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dan RDT Antingen ini belum diwajibkan untuk kota Ambon.

“Itu hanya untuk zona Merah. Sementara Kota Ambon hingga kini masih zona orange. Jadi RDT Antigen tidak diwajibkan,” ungkap Joy, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (22/12).

Dijelaskan, pada dasarnya RDT Antigen hanya dikhususkan kepada daerah-daerah yang memang memiliki angka terkonfirmasi positif Covid-19 palingan tinggi atau dengan kata lain zona Merah. Dan karena Ambon telah memasuki zona orange dan belum diwajibkan, namun di Kota Ambon sendiri sudah ada rumah sakit yang menerima pelayanan RDT Antingen.

“Sudah ada dua RS yang melayani. Diantaranya RS Siloam dan RS Bhakti Rahayu. Kedua RS Swasta tersebut sudah melakukan pelayanan terkait itu,” beber dia.

Menurut Joy, diberlakukannya RDT Antigen di Indonesia saat ini, bertujuan untuk membatasi volume warga yang hendak bepergian menuju wilayah-wilayah zona Merah. Sehingga diharapkan, kedepan Fasilitas Kesehatan swasta yang ada di Kota Ambon, bisa mengikuti jejak RS Siloam dan RS Bhakti Rahayu, untuk melayani RDT Antigen.

“Semoga pelayanan RDT Antigen terhadap pelaku perjalanan, bisa diperbanyak di Kota Ambon. Selain itu Kami menghimbau agar jangan pernah lupa menerapkan Protokol Kesehatan,” pesannya.(BKA-1)

Comment