by

Realisasi Anggaran Covid-19 Desa Waeperang Capai 95 Persen

BURU-BKA, Realisasi anggaran penanganan Covid-19 di Desa Waperang, Kecamatan Lilialy, telah mencapai 95 persen.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waeperang, Asnawi Ang, mengungkapkan, 8 persen dari anggaran Dana Desa (DD) tahap I, digunakan untuk penanganan Covid-19.

Diantaranya, digunakan untuk pengadaan masker, disinfektan, fasilitas cuci tangan, APD, pembuatan posko Covid-19, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi.

Baca juga: Pemdes Lamahang Akan Bangun Polindes

“Untuk program di bidang penanggulangan bencana Covid-19 itu, pelaksanaannya sudah mencapai 95 persen. Anggaran itu dibelanjakan untuk sejumlah alat pencegahan,” kata Asnawi, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (5/8).

Penggunaan anggaran untuk pengendalian penyebaran Covid-19, tertuang dalam Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-2/PK/2021 tentang Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2021.

Dengan adanya surat edaran tersebut, kata Asnawi, maka pemerintah desa diminta melakukan sejumlah tindakan penanganan Covid-19, seperti, melakukan sosialisasi, edukasi dan pencegahan.

Baca juga: Tim PPKM Batu Meja Pantau Pelaku Usaha

“Seluruh pembelanjaan untuk penanganan Covid-19, sejak awal pencairan hingga saat ini, telah berjalan sesuai rencana kerja pemerintah desa,” tandasnya.(MG-1)

Comment