by

Realisasi Bantuan Gempa Hampir 70 Persen

Ambon, BKA- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demy Paiys mengatakan pencairan dana gempa tahun 2019 terhadap warga kota Ambon yang terdampak, hampir mencapai 70 persen. Laporan pencairan bahkan telah disampaikan kepada Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Pak walikota dalam rapat bersama dengan pimpinan SKPD dan pejabat eselon 3 dan 4 itu. Kami melaporkan kita sudah hampir 70 persen penyeluran bantuan dana itu,” ungkap Demmy, kepada wartawan, di Balaikota, Selasa (19/1).

Dijelaskan, sesuai data yang dimiliki BPBD, sejauh ini pembangunan rumah bagi warga yang terdampak gempa sudah cukup ada kemajuan. Yakni paling lambat bulan Maret 2021, pencarian dana gempa sudah terselesaikan.
Sehingga pihaknya sudah distribusi bantuan-bantuan itu lewat rekening kelompok. Dan nantinya akan distribusi pengadaan barang-barang bangunan untuk warga penerima bantuan gempa.

“Sekarang ini kita dari beberapa tahapan pencairan, 50 persen, 30 persen dan 20 persen. Sebagian besar itu selesai sampai dengan tahap ketiga. Kita kejar supaya paling lambat Maret itu semua sudah tuntas. Karena ini sudah sampai 70 persen,” tuturnya.

Ditambahkan, tahap pertama sebanyak 1.271 kepala keluarga (KK) yang tergabung dalam 120 kelompok penerima bantuan dana gempa. Sementara warga yang sudah bangun rumah secara mandiri, sebagian uang mereka telah diganti.
“Untuk 1.271 KK itu tergabung dari 120 kelompok penerima bantuan. Itu yang tadi saya bilang sudah realisasi, itu hampir 70 persen. Dan ada 52 KK yang sudah membangun secara mandiri. Sudah 20-an yang kami ganti uangnya. Tidak sampai 30 lagi,” beber Demmy.

Dia mengaku, pihaknya sementara melakukan verifikasi lapangan. Sebab, tim teknis sementara memberikan rekomendasi untuk koordinasi dengan bank untuk mencairkan uang warga yang sudah membangun rumahnya secara mandiri
“Tim masih verifikasi di lapangan. Mereka sedang validasi lagi. Kita dapat rekomendasi dari tim teknis. Kita kordinasi dengan bank untuk cairkan uang mereka,” tutup dia. (IAN)

Comment