by

Reece James, Permata Muda Chelsea Bantu Debut Manis Lukaku

Reece James mendadak populer berkat penampilan apiknya di laga Arsenal vs Chelsea. Selain mencetak assist, ia memiliki andil besar terhadap debut manis Romelu Lukaku.

Bek sayap 21 tahun tersebut langsung menjadi sorotan setelah jadi momok bagi Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris yang dimainkan di Stadion Emirates, Minggu (22/8).

Gol pertama Chelsea tak lepas dari aksi gemilang James. Umpan silang mendatar yang dilepaskan James dari sisi kanan berhasil memanjakan Lukaku untuk mencetak gol.

Lukaku harus berterima kasih kepada James yang memuluskan ‘debut keduanya’ bersama Chelsea. Sebelum dibeli dari Inter Milan, striker Belgia tersebut pernah menjadi bagian dari Chelsea periode 2011-2014.

Berkat assist James, Lukaku berhasil membuktikan diri layak ditebus kembali setelah sebelumnya bertualang ke Everton, Manchester United, dan terakhir bersama Inter Milan.

James yang jadi pengumpan bagi gol Lukaku ikut mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-35. Gol bek timnas Inggris itu tercipta setelah menerima umpan terobosan Mason Mount.

Tak ayal, gelar pemain terbaik pun disematkan kepada James yang mendapat kepercayaan tampil penuh karena Cesar Azpillicueta cedera di laga sebelumnya.

James merupakan jebolan akademi The Blues yang mulai mencuri kepercayaan pelatih Thomas Tuchel. Ia baru pertama kali tampil sebagai starter setelah pada pekan sebelumnya masuk menggantikan Azpillicueta yang cedera di tengah laga.

Sebelum mantap bermain sebagai bek, James adalah seorang stiker. Ia sempat ‘disekolahkan’ ke Wigan Athletic sebelum promosi ke tim utama Chelsea pada musim 2019-2020.

Debutnya bersama tim senior Chelsea terjadi pada 26 September 2019 saat Chelsea berhadapan dengan Grimsby Town di Carabao Cup.

Jamez berhasil mendapat kepercayaan tampil dalam 37 laga di musim pertamanya bersama tim senior dengan catatan dua gol dan empat assist. Musim berikutnya James menjadi salah satu pemain andalan tim London Barat dengan membukukan satu gol dan lima assist dari total 47 penampilan di semua kompetisi.

Di awal musim ini, James sempat menjadi penghangat bangku cadangan di laga perdana Chelsea. Tuchel memilih Azpillicueta tampil sebagai starter sebelum akhirnya memasukkan James di babak kedua.

James tak menyia-nyiakan kesempatan tampil sebagai starter saat Chelsea melawat ke markas Arsenal lewat torehan satu gol dan assist kepada Lukaku. (INT)

Comment