by

Rekapitulasi Akhir KPU, SMS-GES Menang di Bursel, JOIN di Aru

Ambon, BKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Kepulauan Aru telah menyelesaikan proses rekapitulasi perhitungan suara, Rabu (16/12).

Hasilnya, Safitri Malik Soulissa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) dinyatakan sebagai pemenang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bursel 9 Desember 2020 lalu, sesuai hasil pleno KPU kabupaten tersebut.

Dari rekapitulasi surat suara pada 201 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di enam Kecamatan, 71 Desa dan 27 dusun, pasangan Hadji Ali-Zainudin Booy (Ajaib) memperoleh 12.677 suara sah, Abdurahman Soulissa-Elisa Ferianto Lesnussa (MANIS) memperoleh 9.321 suara sah, dan Safitri Malik Soulissa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) memperoleh 16.847 suara sah.

Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Aru, pasangan Johan Gonga-Muin Sogalrey (JOIN) unggul atas saingannya, Timotius Kaidel-Lagani Karnaka (KAKA).


Berdasarkan hasil rekapitulasi akhir pleno terbuka KPU Kabupaten Kepulauan Aru, JOIN memperoleh sebanyak 27.473 suara. Sedangkan KAKA memperoleh 23.498 suara.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Mustafa Darakay, mengatakan, partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih di kabupaten itu mencapai 79,74 persen. Sedangkan yang tidak menggunakan hak pilih mencapai 22 persen, dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 64.884 pemilih.

“Alhamdulillah, karena pengguna hak pilih di Pilkada kali ini mengalami kenaikan dari pilkada sebelumnya,” kata Darakay, saat dikonfirmasi BeritaKota Ambon usai memimpin rapat pleno terbuka di Gedung Kesenian Sitakena, Dobo.

Lebih lanjut, dia mengatakan, apabila berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara yang sudah ditetapkan KPU hari itu, menimbulkan ketidakpuasan dari paslon Bupati dan Wakil Bupati, maka dipersilahkan untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku.

“Kalau ada yang merasa dirugikan atau tidak puas dengan hasil rekapitulasi perhitungan suara hari ini, agar mengajukan gugatan ke MK, sebelum KPU mengumumkan paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” tandasnya.

Sementara untuk dua kabupaten lainnya, yakni, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Maluku Barat Daya (MBD), masing-masing KPU masih melakukan perhitungan perolehan suara. Rencananya, akan diselesaikan hari ini, Kamis (17/12). (RHM/WAL)

Comment