by

Rekomendasi Golkar ke Niko-Orno Belum Final

Ambon, BKA- Arah politik Partai Golkar kembali berubah untuk menghadapi pertarungan di Pilkada Maluku Barat Daya (MBD). Kini rekomendasi diberikan kepada Niko Kilikili-Odie Orno sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada kabupaten itu.

Awalnya , rekomendasi Partai Golkar untuk Pilkada MBD diberikan kepada Odie Orno dan Bastian Petrus. Karena gagal berduet dengan Partai Demokrat, Golkar diisukan membalik arah dukungan kepada Niko Kilikili yang diusung oleh Partai Gerindra untuk dipasangkan dengan Bastian Petrus.

Otomatis saat itu sudah santer kabar, kalau Odie Orno yang merupakan adik Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, tidak akan bertarung di Pilkada MBD, karena sudah tidak didukung Partai Golkar.

Namun secara mengejutkan, Partai Golkar kembali mendukung Odie Orno. Tapi bukan sebagai bakal calon bupati, tapi sebagai calon wakil bupati, untuk mendampingi Niko Kilikili agar dapat berduet Partai Gerindra.

Namun rekomendasi yang telah diterima kedua kandidat pasangan bakal clon bupati dan wakil bupati itu, ungkap Ketua DPD I Partai Golkar Maluku, Ramli Umasugi, belum final. Karena keabsahan rekomendasi itu ada pada dokumen formulir KWK pendaftaran di KPU.

“Betul Niko-Odie telah terima rekomendasi, tapi itu rekomendasi belum beserta KWK. Semua barang bisa berubah. Tapi selanjutnya nanti kita lihat,” ungkap Umasugi, Senin (24/8).

Meskipun demikian, katanya, rekomendasi yang diterima Niko-Orno itu telah menjawab publik, kalau jagoan dari Wakil Gubernur (Wagub) sekaligus adik kandung dari Barnabas Orno tidak lagi menjadi penonton dikandang sendiri.

Ramli Umasugi yang saat ini berada di Jakarta, mengungkapkan, rekomendasi Partai Golkar juga diberikan kepada pasangan bakal calon di Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru dan Buru Selatan.

Khusus untuk rekomendasi pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru, Timotius Kaidel- Lagani, diserahkan langsung Ketum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Kantor DPP Partai Golkar, Senin(24/8).

Sedangkan rekomendasi Partai Golkar untuk pilkada Kabupaten Buru Selatan (Bursel), diberikan kepada pasangan bakal calon Jainudin Boy-La Haji.

Terpisah Ketua Angkatan Muda Golkar Provinsi Maluku, Hamzah Nurlili, via selulernya juga membenarkan adanya penyerahan rekomendasi Partai Golkar. Bahkan sebagai sayap dan garda terdepan, siap mengawal semua keputusan yang diambil DPP untuk memenangkan pilkada di empat kabupaten.

“Setelah ini saya akan turun mengamankan semua kader, agar merapatkan barisan dan satu tujuan memenangkan Pilkada,” optimisnya. (RHM)

 

Comment