by

Relokasi Pedagang Kembali Ditunda

Ambon, BKA- Dengan adanya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II sesuai Perwali nomor 19 tahun 2020, rencana relokasi para pedagang di pasar Mardika kembali ditunda.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Pieter Leuwol mengatakan, relokasi pedagang yang akan dilakukan untuk proses revitalisasi pasar Mardika, harus ditunda kembali akibat adanya PSBB lanjutan atau tahap II yang diberlakukan Pemerintah Kota Ambon.
Karena dengan adanya PSBB lanjutan ini, pihaknya tidak dapat melaksanakan relokasi sehingga harus menunggu lagi hingga PSBB tahap II berakhir. “Sampai selesai PSBB dulu baru kita relokasi,” terang Pieter, saat dihubungi koran ini, Rabu (8/7).

Ia menyebutkan, dengan adanya PSBB tahap II ini tidak mempengaruhi proses relokasi pedagang pada pasar Mardika. Dikarenakan saat ini revitalisasi pasar Mardika masih berada pada tahap lelang yang sementara dilakukan oleh Pemerintah Kota lewat dinas terkait.

“Saat ini kan untuk proses revitalisasi pasar Mardika itu masih dalam tahapan lelang. Jadi habis PSBB dulu baru kita relokasi pedagang,” ujar dia.
Ditanya soal proses pengundian, Pieter mengaku, pengundian untuk pedagang masih belum selesai dilakukan. Sebab, ada beberapa hal yang terjadi seperti aksi unjuk rasa yang dilakukan beberapa kali oleh pedagang.
Hal tersebut membuat pihaknya belum dapat melakukan pengundian, meski telah dibackup oleh sejumlah Satpol PP maupun TNI/Polri.

“Sebenarnya proses pengundian belum selesai, karena kendala dan beberapa hal lainnya. Sehingga anak-anak yang turun itu tidak berani. Ini masalah keamanan dan kita juga harus memperhitungkan itu,” imbuh dia.
Dengan demikian, Ia tetap berupaya untuk dapat menyelesaikan proses pengundian dalam pekan ini. Sehingga ketika PSBB telag selesai diberlakukan, dapat segera dilakukan relokasi terhadap para pedagang pasar Mardika. “Kita upayakan dalam Minggu ini sudah selesai pengundian itu,” terangnya.

Sekedar tahu, ada tiga pasar yang telah disediakan Pemerintah Kota Ambon untuk menampung para pedagang pasar Mardika yang direlokasi. Diantaranya pasar Oleh-Oleh Tantui, Transit Passo dan pasar Apung Mardika. (DHT)

Comment