by

Relokasi Pedagang Mardika Dinilai Langkah Baik

Ambon, BKA- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Ambon, Melianus Latuihamallo mengatakan, relokasi pedagang untuk rencana revitalisasi pasar Mardika merupakan langkah yang baik.

Sebab, apabila proses revitalisasi jalan, sementara pedagang masih berjualan di kawasan pasar tersebut, dapat mengganggu para pekerja. Bahkan dapat memperlambat proses revitalisasi.

“Harus semua pedagang pindah. Resiko kalau terjadi sesuatu kepada pedagang siapa tanggung jawab. Karena pekerjaan disitu menggunakan alat berat. Jadi kita lakukan ini untuk keselamatan bersama, ” ungkapnya, ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (10/2).

Menurutnya, Pemkot telah menyediakan pasar sementara untuk pedagang, agar dapat melakukan aktivitas berjualan. Sembari menunggu revitalisasi pasar selesai.

Disinggung soal kapan proses pelelangan revitalisasi pasar Mardika tersebut dilakukan, Melianus mengaku, dokumen lelang telah diserahkan ke Balai Cipta Karya.

Sehingga tugas Pemkot Ambon hanya menyiapkan perencanaan revitalisasi pasar Mardika. Dan hal tersebut telah diselesaikan. Bahkan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) RI, telah menyetujui perencanaan tersebut.

“Pemkot Ambon punya tugas membuat perencanaan, sudah selesai. Dan sudah konsultasi dengan pemerintah pusat, dan Balai Cipta Karya. Dokumen pelenggan sudah serahkan ke Balai Cipta Karya. Untuk kapan pelelangan jalan ? semua ada di Balai Cipta Karya, ” ujarnya.

Ditanya terkait jumlah anggaran yang disediakan untuk proyek revitalisasi pasar Mardika, dian mengaku, belum mengetahui. “Saya tidak tahu pasti. Tapi untuk lebih pasti tanyakan saja ke Balai cipta Karya, ” tandasnya. (IAN)

Comment