by

Reses, Aleg PKS Bagi Internet Gratis

Ambon, BKA- Bersinergi dengan DPD PKS Ambon, Aleg DPRD Kota Ambon, Saidna Azhar Bin Tahir memfasilitasi internet gratis bagi warga di daerah pemilihannya (Dapil) Teluk Ambon. Program Gerakan Bagi-bagi Kuota Gratis (Greget) ini dikemas dalam agenda resesnya di masa sidang I tahun sidang 2020-2021.

“Reses kali ini kita bersinergi dngan DPD PKS Ambon, untuk lakukan kegiatan namanya Greget tadi. Jadi kita fasilitasi masyarakat untuk menggunakan WiFi gratis pada saat proses belajar, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa,” ungkap Saidna, saat dihubungi koran ini, Senin (21/9).
Menurutnya, dalam situasi pandemi saat ini, proses belajar para siswa maupun mahasiswa masih diberlakukan sistim daring (online). Sehingga hadirnya program Greget dalam reses tersebut untuk meringankan beban masyarakat. Dalam hal ini orang tua, agar anak-anak mereka dapat menggunakan WiFi secara gratis.

“Rencana kita akan lakukan kegiatan ini sebanyak 20 titik. Berarti ada sekitar 10 titik di daerah kecamatan Teluk Ambon. Dan ada 10 titik yang tersebar di desa atau kecamatan Sirimau dan Nusaniwe,” sebutnya.

Dalam reses tersebut, lanjut dia, adapun penjaringan aspirasi yang dilakukan terhadap warga Poka RT.03/RW.03 tersebut. Sehingga banyak aspirasi yang disampaikan terkait perkembangan Covid-19 di kota Ambon dan pemberlakukan PSBB sampai saat ini.

“Dari aspires yang disampaikan itu, banyak keluhan warga soal bantuan sosial yang hingga saat ini belum diterima dari pemerintah. Baik itu bantuan langsung tunai (BLT), sembako dan lainnya. Informasinya mereka itu sudah didata, tapi sejauh ini belum ada tindaklanjut. Makanya disampaikan lagi dalam reses tersebut,” bebernya.

Sekretaris Komisi I DPRD Ambon ini menyebutkan, puluhan orang tua dilibatkan dalam reses tersebut dengan mengedepankan protokol kesehatan. Dan dalam reses tersebut, para orang tua dihimbau untuk tetap menjalankan protokoler kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga rajin mencuci tangan.

Dan dari hasil reses tersebut, sambung Saidna, akan disampaikan kepada pimpinan DPRD untuk kemudian didorong ke Pemerintah Kota. Sehingga dampak dari Covid-19 dapat tertangani dengan baik.

“Keluhan masyarakat itu lebih banyak terkait persoalan ekonomi. Karena ekonomi semakin merosot, sehingga masyarakat juga berharap agar pemerintah maksimal sehingga bisa keluar dari pandemi ini. Dan hasil reses ini akan saya laporkan sehingga bisa ditindaklanjuti ke Pemerintah Kota,” imbuh dia.

Ditambahkan, ada keluhan lainnya yang disampaikan warga, terkait sikap Pemerintah Kota yang melarang hingga mengintimidasi sejumlah pedagang yang berjualan di area Kota Jawa, samping dermaga Speedboat Wayame-Mardika.

“Warga berharap, Pemerintah Kota dapat mencarikan solusi untuk bagaimana memberdayakan para pedagang yang telah berjualan, untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka,” tutup dia. (UPE)

=================

Comment