by

Reses, Latupono Bagikan 200 Paket Sembako

Sistim door to door (pintu ke pintu) menjadi pola baru bagi Anggota DPRD Kota Ambon, dalam menjaring aspirasi lewat reses di tengah pandemi Covid-19. Dengan turut membagikan ratusan paket sembako ke masyarakat sesuai daerah pemilihan (dapil).

Hal ini dilakukan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono dalam reses masa sidang III tahun persidangan 2019-2020.

Dari dua lokasi yang di kunjungi, berbagai masukan disampaikan para konstituen untuk diperjuangkan ke Pemerintah Kota Ambon.

Mulai dari persoalan bantuan sosial, usulan pembangunan talud pengaman sungai, pengerukan sungai untuk menghindari bencana banjir tahunan, lampu penerangan jalan hingga nasib masyarakat ketika pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Ambon.

“Reses kali ini saya fokuskan di daerah Arbes Stain dan Batumerah Kepala Air, sesuai Dapil Sirimau 2. Reses dilakukan sesuai pola door to door untuk menyerap aspirasi masyarakat,” tandas Latupono, saat dihubungi koran ini, Rabu (20/5).

Sekretaris Gerindra Kota Ambon ini mengaku, para buruh, tukang ojek, pedagang asongan yang ditemui meminta bantuan sosial dari pemerintah karena belum terdaftar sebagai penerima bantuan.

Termasuk meminta bantuan pemerintah berupa bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kepada pemerintah. Sebab di tengah pandemi Covid-19, warga merasa lebih kesulitan untuk mencari nafkah.

“Selain usulan bantuan dan pembangunan lainnya, warga bertanya soal nasib mereka saat pemberlakuan PSBB jika disetujui. Hal inilah yang menjadi masukan untuk kita perjuangkan selaku wakil rakyat,” tegasnya.

Anggota DPRD tiga periode ini menambahkan, seluruh hasil reses setiap anggota DPRD, nantinya akan disampaikan secara resmi kepada Pemerintah Kota dalam paripurna DPRD.
Agar dapat ditindaklanjuti, selaku pengambil kebijakan.

“Jadi semua laporan dan aspirasi warga ini akan kami tindaklanjuti ke komisi-komisi untuk nantinya diparipurnakan. Sehingga usulan-usulan ini bisa diakomodir dalam APBD, dan laporan mereka bisa direspon dan ditindaklanjuti,” cetusnya.

Ditambahkan, adapun pembagian 200 paket sembako yang diberikan kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Kita sengaja sisipkan sedikit bantuan bagi warga saat reses. Karena akibat wabah ini, semua masyarakat terdampak dari sisi ekonomi. Semoga dapat meringankan beban mereka,” harap Latupono. (UPE).

Comment