by

Resmi Layani Masyarakat Ambon-Buru, KMP Garda Maritim 5, Pelayan VIP Tarif Ekonomi

Ambon, BKA- Kebutuhan transportasi laut di Provinsi Maluku dilengkapi dengan kehadiran satu unit KMP Garda Maritim 5, milik PT Multi Guna Mairitim.

Kapal feri itu resmi beroperasi pada Rabu (20/1), kemarin, untuk melayani masyarakat rute dermaga Galala (Ambon) menuju Namlea (Buru), pulang-pergi (PP) setiap hari.

General Manager PT Multi Guna Maritim, Ludya Kurniawan, mengungkapkan, kehadiran KMP Garda Maritim 5 di Maluku sebagai bentuk perhatian bagi masyarakat kepulauan. Karena sudah tentu transportasi laut menjadi salah satu moda transportasi yang sangat mereka butuhkan.

Apalagi saat ini, katanya, ASDP Maluku hanya memiliki dua kapal feri yang melayani rute tersebut, Ambon-Namlea. Sehingga kehadiran KMP Garda Maritim 5 akan menjadi pilihan baru bagi masyarakat.

“Jika selama ini masyarakat yang ingin berpergian ke Pulau Buru dari Pulau Ambon, hanya dilayani oleh dua kapal feri milik ASDP dan beroperasi pada waktu malam, maka saat ini, masyarakat memiliki pilihan baru untuk berpergian pada siang hari dengan KMP Garda Maritim 5,” ujarnya.

Selain melakukan pembendaan di waktu pelayaran, KMP Garda Maritim 5 juga memiliki berbagai keunggulan dari segi pelayanan. Sehingga akan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat.

“Pelayanan yang kami berikan setara dengan layanan VIP di kapal feri lainnya, tetapi dengan tarif ekonomi. Misalnya, seluruh penumpang diberikan fasilitas tempat tidur, bahkan memiliki ruangan khusus untuk penumpang wanita,” jelasnya.

Dikatakannya, sebagai perusahan yang bergerak pada bidang transportasi, tentu kenyamanan penumpang menjadi prioritas utama PT Multi Guna Maritim. Sehingga berupaya untuk menyempurnakan fasilitas bagi seluruh penumpang, kendati tarif yang ditetapkan sesuai dengan tarif ekonomi yang ditentukan pihak ASDP.

Ditambahkannya, KMP Garda Maritim 5 merupakan kapal yang cukup luas, dengan komposisi Lebar 14 M, tinggi 4,5 M, dan panjang 65 M. Mampu mengangkut kurang lebih 30 kendaraan, yang terdiri dari kendaraan roda enam dan roda empat, serta roda dua.

Bahkan KMP Garda Maritim 5 juga dapat mengangkut alat berat, seperti, Exafator dan lainnya sebanyak 5 unit, yang disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang ada.

Ditambahkan oleh Penanggung Jawab PT Multi Guna Maritim Cabang Maluku, Randy Putra Nanulaitta, kalau Kehadiran KMP Garda Maritim 5 diharapkan dapat memperpendek rentang kendali masyarakat Pulau Ambon dan Pulau Buru.

Menurutnya, PT Multi Guna Maritim ingin sekali berupaya untuk membantu masyarakat di wilayah kepulauan untuk beraktifitas. Karena itu, Maluku menjadi salah satu target wilayah operasi palayanan.

“Saat ini, PT Multi Guna Maritim telah mengupayakan satu unit kapal feri yang melayani rute Galala-Namlea dan sebaliknya. Akan tetapi kedepan, kita juga berharap PT Multi Guna Maritim mendapatkan ijin trayek untuk melayani rute lainnya di Provinsi Maluku,” harap Nanulaitta.

Pada pelayaran perdana yang dilakukan Rabu kemarin, para penumpang mendapat dorprize, berupa kaos serta masker maupun kupon kopi gratis yang tersedia di kantor KMP Garda Maritim 5.

Jadwal operasi KMP Garda Maritim 5, akan berangkat pada pukul 11.00 WIT dari Galala menuju Namlea, Namlea- Galala, dengan waktu tempuh sekitar 7 jam berlayar.(BKA-4)

Comment