by

Revitalisasi Pasar Mardika Segera Dilelang

Dalam waktu dekat ini, proses lelang proyek revitalisasi Pasar Mardika Ambon akan dilakukan. Hal tersebut sesuai hasil kordinasi Pemerintah Kota Ambon dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perdagangan RI.

“Iya, dalam waktu dekat ini. Itu sesuai hasil kordinasi kami dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR juga Kementerian Perdagangan,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Sirjohn Slarmanat, saat dihubungi koran ini, Sabtu (29/5).

Dia mengaku, apabila proses lelang berakhir dalam tahun ini, maka akan dilanjutkan langsung dengan revitalisasi Pasar Mardika. “Yang pasti jika lelang dalam waktu dekat telah selesai. Yang jelas proses pekerjaan akan dilakukan, mungkin tahun ini,” sebutnya.

Mantan Kabag Hukum Pemkot Ambon ini mengaku, tidak ada masalah serius terhadap proyek yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu. Hanya saja, kendalanya ada pada ribuan pedagang yang masih menempati pasar tersebut. “Pedagang yang masih tempati pasar yang menjadi masalah kita dalam menjalankan proyek ini,” beber dia.

Ia juga menegaskan, akan melakukan pembongkaran lapak pedagang yang sementara beroperasi di pasar Mardika. “Untuk masalah pedagang nanti kita akan bongkar seluruh bangunan di pasar itu, sehingga proses proyek ini berjalan dengan baik,” ucapnya.
Sirjhon menjelaskan, sebelum bangunan itu nantinya dibongkar, pihaknya lebih dulu melakukan relokasi bagi para pedagang pada pasar sementara yang telah disiapkan pemerintah kota. Sehingga pedagang bisa tetap beroperasi, sambil menunggu proses revitalisasi selesai.

“Surat peringatan pertama yang dimulai dari tanggal 25 sampai 30 Mei. Peringatan kedua nanti tanggal 1 sampai 3 Juni, dan peringatan ke tiga sehari saja yakni tanggal 4 Juni. Jika sampai peringatan ketiga tidak ada pedagang yang pindah, kita akan ambil tindakan,” sebut dia.

Dia berharap, agar para pedagang mau untuk direlokasi secara baik. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman atas tindakan yang dilakukan. “Semua ini untuk kebaikan kita bersama. Saya harap pedagang bisa mendukung proyek ini,” pungkasnya. (IAN)

Comment