by

Revitalisasi Pasar Mardika Terancam Batal Tahun Ini

beritakotaambon.com – Pasca Gedung Putih digusur habis sekitar Juni 2021 lalu, rencana revitalisasi pasar Mardika berlantai 4 ini belum juga dilakukan hingga saat ini. Bahkan rencana revitalisasi pasar modern ini terancam batal di tahun ini, lantaran masih terkendala lelang tender.

Pemerintah Kota Ambon bahkan pernah menargetkan revitalisasi pasar Mardika akan selesai di akhir 2020 lalu. Yang kemudian melibatkan pihak ketiga untuk membangun sejumlah lapak sementara di Pasar Transit Passo, Pasar Oleh-oleh Tantui, dan Pasar Apung Mardika.

Tiga pasar ini dibangun untuk menampung ribuan pedagang Mardika yang direlokasi untuk dilakukan revitalisasi terhadap Pasar Mardika. Bahkan Pemerintah Kota Ambon menyetujui pembangunan 200 lapak di atas trotoar, depan Pelabuhan Rakyat Batu Merah, Pantai Losari.

Padahal sebelumnya, Pemkot Ambon selalu menggusur lapak yang dibangun masyarakat di atas trotoar. Bahkan pernah menggusur sekitar 22 rumah dan lapak yang berada berdekatan dengan badan jalan, sekitar Jalan Jenderal Sudirman, samping SPBU Kebun Cengkeh di tahun 2019 lalu.

Sekalipun melanggar aturan, ratusan lapak ini terpaksa dibangun untuk nantinya ditempati sebagian pedagang Mardika yang telah direlokasi.

Baca juga: Pimpinan DPRD Didesak Bahas Temuan BPK Rp 5,3 M

Revitalisasi Pasar Mardika ini, hingga akhir pekan kemarin belum ditemukan titik terang lantaran masih terkendala tender.

Diketahui, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon rencana awal penandatanganan kontrak dengan pemenang tender PT. Waskita Karya, sudah harus dilakukan pada akhir September 2021 lalu.

Namun hingga kini, proses revitalisasi tak kunjung dilaksanakan. Ini lantaran Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Wilayah Maluku, belum menyurati secara resmi kepada Disperindag Kota Ambon perihal revitalisasi tersebut.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy berharap, agar proses lelang tender revitalisasi Pasar Mardika bisa selesai awal November 2021 mendatang. Sehingga revitalisasi Pasar Mardika menjadi lebih modern, ini bisa dilakukan pada pertengahan November 2021.

“Mudah-mudahan November awal sudah bisa jalan, lalu November minggu ke 3 dan 4 bisa mulai proses pembangunannya,” terang Richard, kepada wartawan di Ambon, Sabtu (16/10).

Walikota dua periode ini menjelaskan, awalnya sudah ada pemenang tender, namun revitalisasi sementara belum bisa dilaksanakan. Karena menurutnya, ada sanggahan dari pemenang tender. Dan itu diterima oleh panitia yang sementara dianulir kembali untuk dilakukan proses pelelangan ulang.

“Rupanya ada sanggahan dari Adikarya, lalu sanggahan itu kelihatannya diterima sehingga dikaji oleh panitia. Dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan lelang baru untuk penetapannya,” sebutnya.

Baca juga: LPP Ambon Sosialisasi Survei IKM

Mantan anggota DPRD Maluku ini menilai, hal ini hanya menyangkut teknis administrasi lelang. Sementara terkait dengan kesiapan pelaksanaannya, semuanya dianggap beres.

“Kalau penetapan lelang, oke. Karena proyeknya diatas 100 M (miliar). Jadi harus ada persetujuan dari menteri,” beber Richard.

Politisi Golkar ini juga memastikan, kedepan tidak lagi ada kendala yang berarti. Sehingga tahapan dalam proses revitalisasi pasar yang didesain menjadi pasar tradisional modern berlantai empat itu, berjalan baik. (IAN)

Baca juga: Jika Zona Hijau, Satgas Covid Tidak Dibubarkan

Comment