by

Ribuan Warga Ambon Isolasi Mandiri

AMBON-BKA, Dari 2.745 warga Kota Ambon yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, sekitar 1.500 orang sementara jalani isolasi mandiri dirumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, ribuan warga yang terpapar ini sesuai data 20 Juli 2021. Dimana warga yang sementara menjalani isolaso mandiri akan tetap diawasi oleh petugas kesehatan. “Mereka dipantau oleh pihak Puskesmas dan Satgas di RT, RW,” beber Wendy, saat dihubungi wartawan, Kamis (22/7).

Dijelaskan, sisa dari jumlah pasien yang isolasi mandiri, sedang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 atau rumah sakit lapangan (tempat isolasi terpusat).

“Seluruh pasien pasca terkonfirmasi positif Covid-19 langsung dibagi. Pasien yang gejala ringan sampai sedang akan tetap melakukan isolasi terpusat,” sebutnya.

Sementara untuk pasien yang dinilai Orang Tanpa Gejala (OTG), diberikan ijin isolasi secara mandiri dirumah masing-masing. Dan tetap dipantau petugas kesehatan. “Mereka yang isolasi mandiri adalah pasien OTG. Kalau tidak salah ada 1.500 orang yang isolasi mandiri. Tapi mereka dipantau Satgas RT RW dan Puskesmas, ” terangnya.

Wendy berharap, warga yang masih sehat bisa mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan. Sehingga tidak gampang terpapar virus Corona.

“Kita ini berharap warga selalu mematuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas luar rumah. Karena dengan itulah mereka tidak mudah terpapar Covid-19,” pesannya. (IAN)

Comment