by

Rossi Kritik Mekanik Yamaha: Mereka Kerja Semaunya

Pembalap veteran Valentino Rossi mengkritik mekanik Yamaha karena disebutnya bekerja tidak sesuai permintaan pembalap di MotoGP 2020.

Rossi mengaku rutin memberikan masukan kepada para mekanik pada musim lalu. Namun, Rossi merasa tim mekanik hanya sebatas mendengar masukkan dari pembalap dan tidak mengerjakannya.

Hal itu ditengarai membuat performa motor YZR-M1 2020 tidak optimal di MotoGP 2020. Bahkan Rossi, Maverick Vinales, hingga Fabio Quartararo rutin melontarkan kritik pertanda ketidakpuasan mereka terkait performa motor sepanjang musim lalu.

Ketiganya secara khusus menyoroti kekuatan mesin, masalah grip dengan ban belakang, dan inkonsistensi motor dari setiap seri ke seri berikutnya.

Beragam masalah itu membuat Yamaha kehilangan kesempatan untuk bersaing meraih gelar juara dunia. Dari semua pembalap Yamaha, Franco Morbidelli jadi yang paling bagus tetapi ia memakai spek motor musim lalu.

“Saya rasa [mekanik] asal Jepang mendengar komentar para pembalap, tetapi pada akhirnya mereka melakukan apa yang mereka inginkan,” ujar Rossi seperti dilansir dari Motorsport.

“Mereka sudah memikirkan apa yang ingin mereka lakukan,” ia menambahkan.

Rossi menjalani musim yang mengecewakan di MotoGP 2020. The Doctor gagal berbicara banyak untuk masuk dalam persaingan juara yang dimenangi pembalap Suzuki, Joan Mir.
Lihat juga: Jadwal Liga Inggris Kamis Dini Hari: Liverpool vs Tottenham

Dari 12 balapan yang diikuti, Rossi hanya satu kali naik podium dan lima kali gagal finis. Pembalap berusia 42 itu juga sempat absen di dua seri karena positif terinfeksi Covid-19.

Di MotoGP 2021, Rossi sudah tidak lagi memperkuat Monster Energy Yamaha dan pindah ke tim satelit, Petronas Yamaha. The Doctor akan berada dalam satu tim bersama Morbidelli yang notabene anak didiknya di Akademi VR46.
(INT)

Comment