by

Rp6 Miliar Perluasan Area Pelabuhan Saumlaki

Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI, di tahun ini telah menganggarkan Rp 6 miliar dari APBN untuk perluasan area Pelabuhan Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Hal ini ditegaskan Kepala Syahbandar Saumlaki, Hasan Sadili, kepada koran ini, Minggu (20/6).

Anggaran sebesar itu, kata dia, akan diperuntukan untuk pembangunan gedung terminal dan perpanjangan dermaga di Pelabuhan Saumlaki. Dimana pekerjaan dijadwalkan berlangsung pada bulan Juli hingga Desember 2021 mendatang.

Menurut Sadili, tujuan pelebaran pelabuhan itu semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kapal dan penumpang di Pelabuhan Saumlaki. “Sekarang ini frekuensi kunjungan kapal di Pelabuhan Saumlaki sudah lebih dari 60 kapal tiap bulannya,” sebut dia.
Lanjut Sadili, Kemenhub bahkan ditahun 2022 mendatang telah menganggarkan sebesar Rp 45,8 miliar untuk Pelabuhan Saumlaki.

Sebab, pelayanan Kapal Tol Laut, Keperintisan dan Pembangunan Dermaga serta gedung terminal merupakan upaya dan perhatian dari pemerintah pusat. Guna mendukung pengembangan ekonomi di Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN) Saumlaki, oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut-Kementerian Perhubungan.

Saat ini, lanjut dia, Pelabuhan Saumlaki sudah banyak mengalami perubahan dalam sisi pengelolaan bongkar muat, pelayanan Tol Laut, Keperintisan, Kebersihan dan keamanan di lingkungan pelabuhan. Dan tercatat hingga kemarin, pelabuhan tersebut telah disinggahi oleh dua Trayek Kapal Tol Laut yaitu Trayek T12 yang singgah di Pelabuhan Larat dan T17 yang masuk ke Pelabuhan Saumlaki.

“Selain tol laut, Pelabuhan Saumlaki juga dikunjungi 16 trayek kapal perintis yang terdiri dari delapan trayek pangkalan Saumlaki. Dan delapan trayek lainnya dari kapal perintis pangkalan Ambon, Tual dan Kupang. Juga kedatangan tiga trayek kunjungan dari kapal PSO PT. Pelni, sehingga jumlah kapal penumpang yang masuk di pelabuhan Saumlaki sudah 19 kapal,” bebernya.

Ia berharap, dengan adanya perhatian dari pusats, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan pelabuhan Saumlaki dalam menyambut PKSN Saumlaki. Saya berharap dengan ditetapkannya KKT sebagai PKSN, menyambut berbagai macam Mega proyek di KKT. Terlebih beroperasinya Blok Masela, pintanya. (BTA)

Comment