by

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 RSUD Namlea Penuh

Ruang isolasi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namlea, Kabupaten Buru, penuh. Hal itu seiring meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di kabupaten itu.

Mengantisipasi hal tersebut,Direktur RSUD Namlea, dr. Helmi Koharjaya, menyampaikan permintaan untuk menambah ruangan isolasi pasien positif Covid-19 di RSUD Namlea.

Permintaan itu disampaikan dr. Helmi, saat menerima kunjungan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru, M. Ilias Hamid, didampingi tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru dan sejumlah para kepala OPD Pemkab Buru, meninjau langsung RSUD Namlea, Senin (12/7).

Dalam kunjungan Sekda Buru bersama rombongan tersebut, dr. Helmi langsung mengarahka rombongan enuju ke lokasi ruangan yang akan dijadikan ruangan tambahan tempat isolasi pasien Covid-19.

Direktur RSUD Namlea, dr. Helmi, mengungkapkan, dengan peningkatan pasien positif terpapar Covid-19 dan harus menjalani perawatan di rumah sakit, mengakibatkan penuhnya ruang isolasi di RSUD Namlea.

“Terkait dengan peningkatan wabah corona ini, kami pihak rumah sakit secepatnya mengambil langkah, karena kita ruang isolasi pun juga agak sedikit terbatas. Dan saya sudah melaporkan ke Bupati dan Sekda,” kata dr. Helmi.

Menurut dia kunjungan yang dilakukan Sekda bersama rombongan tersebut berdasarkan permintaannya, agar pemerintah daerah dapat melihat langsung kondisi yang ada di rumah sakit. Sehingga ada perhatian khusus terkait penambahan ruangan isolasi pasien positif Covid-19.

“Sehingga saya melaporkan ke pak bupati, pak sekda dan tim gugus untuk segera kita meninjau ke rumah sakit, untuk penambahan atau persiapan ruang isolasi lagi. Dan alhamdulilah, direspon dengan cepat oleh pemerintah daerah dengan kedatangan pak sekda dan tim gugus untuk berkunjung ke rumah sakit,” ucap dia.

Orang nomor satu di RSUD Namlea itu menyebutkan, saat ini pihaknya masih menggunakan ruangan isolasi yang telah dipersiapkan rumah sakit sebagai tempat pasien positif Covid-19.

“Pasien Covid-19 kemarin sempat sampai 14 orang, dan ruangan kita punya penuh semua. Sehingga kita cepat-cepat harus ambil langkah, untuk mempersiapkan ruangan yang lain lagi,” katanya.

Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan tempat isolasi pasien Covid-19 di Instalasi Gawat Darurat atau IGD.

“Untuk penambahan ini, mungkin kita akan sekat di IGD RSUD Namlea untuk persiapan penambahan tempat tidur perawatan pasien Covid-19 ini,” pungkasnya. (MSR)

Comment