by

Rubrik Smart Desa Gambaran Pembangunan Desa

beritakotaambon.com – Rubrik Smart Desa yang disajikan Harian Berita Kota Ambon, dinilai dapat memberikan gambaran aktivitas pembangunan di setiap desa dengan berbagai potensi yang dimiliki.

Hal tersebut disebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Tual, Gufron Rahanyamtel, bermanfaat untuk mendorong percepatan pembangunan desa.

Baca juga: FPMK, Wujudkan Malra Destinasi Wisata Ramah Lingkungan

Menurutnya, dari rubrik tersebut akan terjadi pertukaran informasi program pembangunan antar pemerintah desa. Sehingga setiap pemerintah desa dapat bergegas untuk meningkatkan program pembangunan di desanya.

“Desa lain dapat saja mengadopsi kegiatan-kegiatan yang tentunya bermanfaat dan sudah di lakukan desa lainnya, itu menginspirasi ataupun memberi inovasi” terang Rahanyamtel, saat menerima kunjungan Direktur Harian BeritaKota Ambon, Rifan Riusanto, d ruang kerjanya, Kota Tual, Jumat (22/10).

Yang paling penting, rubrik Smart Desa tersebut perlahan mendorong pemerintah desa agar transparan dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana (DD).

“Sebenarnya rubrik ini sudah mendukung upaya transparansi dalam pengelolaan dan pemanfaatan Alokasi Dana Desa maupun Dana Desa,” terangnya.

Baca juga: Smart City Ambon Jadi Tantangan Terberat

Selain itu, katanya, berbagai potensi pembangunan yang dimiliki suatu desa dapat terekspos oleh berbagai pihak.

“Potensi-potensi yang dimiliki satu desa dapat diketahui khalayak umum untuk dilirik, baik itu dalam bidang pariwisata maupun hal positif lainnya untuk di kembangkan,” tutupnya.(MG-3)

Comment