by

Rutan Ambon Kembali Geledah Kamar WBP

beritakotaambon.com – Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, kembali melakukan penggeledahan terhadap kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (16/9).

Penggeledahan rutin ini dilakukan, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban, memberikan rasa aman dan nyaman bagi WBP, serta keseriusan Rutan Ambon dalam mewujudkan zero handphone, pungutan liar dan narkoba (halinar).

Rilis Kemenkumham Maluku yang diterima media ini menyebutkan, penggeledahan kali ini difokuskan pada Blok Dahlia yang dihuni WBP berstatus narapaidana tindak kasus pidana umum.

“Sebagai langkah pencegahan, kami selalu rutin melakukan razia di kamar hunian. Kami tidak segan menindak tegas WBP yang kedapatan dan terbukti melakukan pelanggaran tata tertib,” tegas Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Jefry Persulessy.

Baca juga: Lapas-Rutan Kembali Terima Inventaris dari Ditjenpas

Pelaksana Tugas Kepala Rutan Ambon, Fifi Firda menyebutkan, guna mewujudkan Rutan Ambon bersih dari halinar, penggeledahan dan pengecekan di setiap blok atau kamar-kamar hunian WBP harus selalu dilakukan.

“Saya tegaskan kembali, handphone tidak boleh berada di lingkungan blok hunian. Di sini sudah ada fasilitas warung telekomunikasi yang dapat digunakan seluruh WBP. Silakan manfaatkan itu,” tegas Fifi.

Diakuinya, dari hasil penggeledahan itu, ditemukan satu buah handphone, charger, gunting, silet, paku, tas ransel, dan buku untuk menyimpan ponsel. Semua barang yang disita akan didata dari mana masuknya. Jika ada keterlibatan petugas, maka akan ditindak tegas.

Baca juga: Jajaran Kemenkumham Maluku Diberi Penguatan

“Kali ini kita menemukan adanya handphone. Ini mengingatkan kita agar terus giatkan penggeledahan hingga Rutan Ambon benar-benar bersih dari penggunaan handphone oleh WBP di dalam,” tutup Fifi. (UPE)

Comment