by

Rutong Dilaunching Sebagai Negeri Maju

Ambon, BKA- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menilai Rutong adalah Negeri yang sangat maju dalam mengelola hasil alam. Sehingga negeri tersebut di launching sebagai Negeri Maju di Kota Ambon.

Menurutnya, negeri Rutong di Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel), telah berobsesi untuk menjadikan Rutong sebagai negeri yang pintar, dalam konteks pelayanan prima yang inovatif dan terbuka.

“Ini ciri daripada masyarakat modern. Pelayanan publik merupakan dasar kunci pertama, kemudian inovatif dan terbuka,” ujar Richard, saat melounching negeri Rutong, di Balai Kota, Senin (1/3).

Diharapkan, negeri Rutong menjadi desa pintar, dan dapat membawa contoh serta memotivasi para kepala desa, lurah dan raja-raja yang lain di Kota bertajuk Manise ini.
Sambung dia, tidak hanya mencanangkan Rutong sebagai negeri maju saja. Namun, negeri tersebut juga turut dicanangkan sebagai aplikasi desa pintar Rutong.id. Ini merupakan bagian dari semangat Ambon sebagai Kota Smart.

“Karena, kita sekarang berada pada era dimana pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan ciri dari kehidupan sosial bermasyarakat,” tuturnya.

Ia menjelaskan, digitalisasi merupakan sudah merupakan kebutuhan bagi semua pihak. Boleh tidak suka dengan seluruh proses digitalisasi, tapi perubahan digitalisasi akan terus berjalan. Untuk itu, harus ada adaptasi, maka agar tidak tertinggal dengan perkembangan yang ada.

“Negeri Rutong telah melakukan satu terobosan yang luar biasa. Ini adalah harapan kita bersama, semoga menjadi contoh bagi seluruh raja, lurah dan kepala desa yang ada di Kota Ambon. Karena ini sangat memacu negeri lain agar bisa inovatif,” tandasnya.

Sekedar tahu, pencanangan itu dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Taufik Madjid di ruang Rapat Balai Kota Ambon, Senin 1 Maret 2021. (IAN)

Comment