by

Saat Sakit, ASN Wajib Lapor

Ambon, BKA- Akibat merebaknya virus corona disease 2019 (Covid-19) di Kota Ambon, Pemerintah Kota Ambon memilih merumahkan hampir seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada. Namun dirumahkan bukan berarti diliburkan, tetapi bekerja dari rumah (work from home).

Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga wajib untuk melaporkan diri kepada pimpinan, termasuk ketika sakit.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ambon, Benny Selanno menegaskan, dengan dirumahkannya ASN, maka harus tetap melaporkan kepada pihaknya maupun pihak terkait tentang keluhan sakit.

Sebab, setiap ASN yang dianjurkan untuk bekerja dari rumah, menjadi tanggungjawab dari Pemerintah Kota Ambon sebagai bentuk pengawasan. Dan saat ini, dengan pandemi Covid-19 yang terjadi, seluruh masyarakat menjadi khawatir dan terdampak. Sehingga setiap ASN juga harus waspada untuk tetap mengontrol kesehatan.

Dengan begitu, saat ada keluhan ASN diminta untuk segera melaporkan untuk dapat ditindaklanjut oleh pihak terkait, guna mendapatkan penanganan yang tepat.

“Setiap ada keluhan dari ASN yang merasa sakit, harus dilaporkan supaya diadakan proses tindaklanjut,” terang Selanno, saat dihubungi koran ini, Kamis (14/5).

Ia menyebutkan, saat ini dari hasil pengawasan yang dilakukan Pemerintah Kota, ada 1 ASN yang telah terinfeksi virus Covid 19 tersebut. Namun, ASN tersebut sudah mendapatkan penanganan yang tepat dari pihak terkait sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan. “ASN dalam pantauan kami cuma 1 yang sementara dalam penanganan,” bebernya.

Sedangkan untuk ASN lainnya, hingga kini masih dalam keadaan sehat sejauh yang dipantau oleh pihaknya. “Tapi syukurlah sampai saat ini Pemkot Ambon, yang lain dalam kondisi sehat dan tidak mengalami Covid 19,” tambahnya.

Sekedar tahu, saat ini jumlah kasus covid 19 di Kota Ambon telah mencapai 54 jiwa, dimana sebanyak 39 jiwa sedang dirawat, 12 jiwa dinyatakan sembuh dan 3 jiwa lainnya meninggal akibat virus tersebut. (DHT)

Comment