by

Sadar Prokes, PSBB Transisi Akan Dihapus

Ambon, BKA- Apabila seluruh masyarakat Kota Ambon, bisa betul-betul sadar dengan pentingnya menjaga protokol kesehatan (prokes) antara satu dengan yang lain, maka penerapan PSBB transisi dikira Ambon akan dihapuskan. Ini ditegaskan Sekretaris Kota Ambon, A. G. Latuheru, kepada wartawan, Sabtu (23/1).

Menurutnya, tidak perlu menunggu sampai kota bertajuk Manise ini, masuk pada zona hijau penyebaran Covid-19 baru PSBB transisi dapat ditiadakan. Tetapi jika masyarakat benar-benar patuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan, maka PSBB transisi bakal dihilangkan. Meskipun Kota Ambon masih berada dalam zona orange.

“Walaupun kita masih berada dalam zona orange, tapi kalau masyarakat seluruhnya menyatakan kalau mereka siap untuk mendukung dan siap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, kita tidak tunggu sampai zona hijau lagi, PSBB transisi akan dihilangkan,” tutur tegas Latuheru.

Dikatakan, apabila masyarakat Kota Ambon belum bisa menerapkan protokol kesehatan secara baik, maka tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 akan selalu berikan edukasi lewat pemberlakuan PSBB transisi.

“Kita punya cita-cita kalau kedepan, kalau kita sudah masuk zona hijau, tidak perlu lagi ada PSBB transisi. Tapi selama masyarakat belum bisa lakukan protokol kesehatan secara baik, kita akan terus berikan edukasi,” sebutnya.

Dijelaskan, untuk pencegahan dan penanganan agar tidak tertular Covid-19, mestinya dilakukan secara kolaboratif dengan penta heliks.

“Begini penanganan untuk pencegahan jangan sampai terjadi penularan Covid-19, ini kan musti dilakukan secara kolaboratif, yang disebut dengan penta heliks. Penta heliks semua harus bisa mengambil peran. Pemerintah, masuk didalamnya itu eksekutif, legislatif, TNI-Polri, media masa, kemudian dunia usaha dan juga akademisi,” jelasnya.

Semua itu, akui Latuheru, titik episentrumnya ada di masyarakat. Misalnya, kalau ada yang sudah menerapkan protokol kesehatan, tapi ada sebagian masyarakat yang masa bodoh, maka tetap Ambon sulit untuk bebas dari ancaman Covid-19.

“Semua itu kita harus lakukan secara sama-sama. Baik masyarakat maupun penta heliks,” pesannya. (IAN)

Comment