by

Safari Ramadhan di Air Buaya, Bupati Minta Pembangunan Masjid Baitul Ihsan Dipercepatt

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru mendorong agar proses pembangunan Masjid Baitul Ihsan dipercepat, agar dapat segera diresmikan sebagai Masjid Raya Kecamatan Air Buaya.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupat Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, saat pelaksanaan Safari Ramadhan di Desa Air Buaya, Kecamatan Air Buaya, Kamis (29/4).

Selain bupati, Safari Ramdhan itu juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru, M. Ilias Hamid, para asisten, staf ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Buru, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Air Buaya Hamisi Umasugi dan para camat serta para penjabat Kepala Desa dan seluruh tamu undangan.


Bupati berkeinginan, sebelum mengkahiri masa jabatannya, dia berkeinginan untuk meresmikan masjd tersebut.

“Insya Allah, pada saat itu saya sudah bertekat dengan teman-teman, sebelum saya mengakhiri masa jabatan sebagai bupati nanti di tahun 2022, masjid ini insya Allah sudah kita resmikan. Dan tadi, pak camat sudah sampaikan, insya Allah pada bulan Dzulhijjah atau bulan Haji tahun ini akan diresmikan,” tekadnya.

Menurutnya, masjid tersebut cukup besar dan menghabiskan anggaran yang cukup besar pula. Tapi kerja gotong royong dalam pembangunan masjid, sangat dirasakan masyarakat maupun pemerintah.

Pembangunan masjid, katanya, bukan saja sebagai upaya masyarakat menunjukan kemampuan dan kemewahan, tapi makna yang terpenting dari itu adalah bagimana pembangunan masjid dapat meningkatkan loyalitas keimanan masyarakat kepada Allah SWT, sehingga makin banyak orang yang beribadah, makin banyak orang yang berdoa, dan Allah makin banyak menurunkan rezeki.

“Tanggung jawab ini (membangun masjid, red-) merupakan tanggung jawab kolektif, tanggung jawab semua orang, mulai dari tokoh agama, aparat dan pemerintah bersinergi dengan para ulama, tokoh masyarakat, kepala desa di desa masing-masing untuk kemudian mendorong masyarakat supaya marai-ramai membangunkan masjid, sehingga kualitas ibadah kita makin baik dan kita punya ibadah dalam bulan suci Ramadhan ini insya Allah, Allah akan melipat gandakan pahalanya,” tungkasnya.

Untuk itu, Bupati Buru dua periode ini mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Masjid Raya Kecamatan Air Buaya tersebut. “Kami pun berharap, siapapun yang berpartisipasi sekalipun hanya memikul satu sak semen dan pikul satu batang kayu dalam proses pembangunan masjid, ini tercatat sebagai amal jariah yang insya Allah akan dibalas Allah SWT pada kemudian hari,” kuncinya.

Sebelumnya, Camat Air Buaya, Hamisi Umasugi, menyampaikan laporan progres pembangunan masjid raya Kecamatan Air Buaya.

“Masjid Baitul Ihsan ini alhamdulilah sudah mencapai 85 persen. Dan mudah-mudahan di bulan haji mendatang, bapak Bupati Buru akan meresmikan Masjid Baitul Ihsan ini,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi menyerahkan bantuan kepada panitia Masjid Baitul Ihsan sebesar Rp 300.000.000. Sekda Buru Ilias Hamid juga menyerahkan bantuan Al-Qur’an kepada pengurus Masjid Baitul Ihsan.

Selain itu, ada juga penyerahan santunan dari Badan Zakat Nasional Kabupaten Buru kepada anak yatim piatu se-kecamatan Air Buaya, yang diserahkan Kepala Baznas Buru.(MSR)

Comment